Instansi

Urai Kemacetan di Kota Pekalongan Dishub Pecah Titik Keramaian Lalulintas

Kota Pekalongan : Antisipasi terjadinya kemacetan di jalur mudik Kota Pekalongan, Dinas Perhubungan (Dishub) setempat fokuskan pengamanan kelancaran lalu lintas. Hal ini dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekalongan dengan mendirikan Pos Pengamanan dan Pantauan melalui Area Traffic Control System (ACTS).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekalongan, Restu Hidayat, Senin (8/4/2024) menyampaikan, Terdapat sejumlah titik pusat keramaian masyarakat pada H-2 lebaran di Kota Pekalongan diantaranya, Jalan Pemuda Monumen Juang, Jl KH Mansyur, Perempatan Ponolawen dan Jalan Nusantara Alun-Alun hingga Jalan Dr Cipto. Untuk itu Dinas Perhubungan telah mendirikan pos pengamanan lebih awal karena ruas jalan tersebut selalu padat aktivitas masyarakat baik saat Ramadan hingga jelang lebaran idul Fitri 1445 hijriah ini.

“Jalan Nusantara dan Dr Cipto, Kota Pekalongan pada H-2 lebaran ini padat dengan aktivitas masyarakat di pusat perbelanjaan. Demi menjaga ketertiban pihaknya fokuskan pengamanan di sekitar Matahari Mall. Kami fokus lebih awal ke situ termasuk Alun-alun Kota Pekalongan juga dilakukan penertiban parkirnya agar lalu lintas lancar,” kata Restu.

Disebutkan Restu, sampai saat ini H-2 jumlah Pemudik dari arah Jakarta menuju Semarang yang melewati Kota Pekalongan didominasi Sepeda motor, Mobil Pribadi dan Bus dengan jumlah kendaraan yang melintas pada H-4 atau Sabtu (6/4/2024) volume lalulintas total sebanyak 48.878 Kendaraan, Sedangkan pada hari Minggu (7/4/2024) turun yaitu sebanyak 44 ribu kendaraan.

“Pada H-4, Kendaraan yang mudik dari arah Semarang ke Jakarta 44.482 kendaraan perhari, untuk mengurangi kemacetan di jalur Pantura pihaknya mengandalkan pemantauan melalui Area Traffic Control System (ACTS). Jika kepadatan kendaraan terlalu tinggi, Semua volume lalulintas yang melewati ruas jalur pantura terpantau dan dapat dikendalikan melalui,” terangnya.

Sementara itu, Koordinator Lapangan Dishub Pekalongan, Eko Yekti menambahkan, Untuk kondisi arus lalulintas di Pos Pengamanan Mudik Lebaran di Terminal Kota Pekalongan pada H-2 Lebaran cukup lancar dengan dominasi kendaraan yang melintas yaitu sepeda motor. Pihaknya juga mengajak segenap pemudik yang melintas untuk tetap hati-hati dan waspada saat berkendara, serta bisa memanfaatkan rest area yang ada disepanjang jalur Pantura.

“Supaya dalam perjalanan dari Jakarta menuju arah Semarang tidak ada kendala atau masalah, pemudik bisa mengecek kondisi kendaraan dan juga kesehatan fisik, sebelum melakukan perjalanan jauh” jelas Eko. (RKS/Teddy)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button