Instansi

Bupati Resmikan Gedung Perpusda Kabupaten Pekalongan

Kajen- Bupati Pekalongan Hj. Fadia Arafiq meresmikan Gedung Perpustakaan Kabupaten Pekalongan, Selasa (09/1/2024). Gedung baru yang berada di kompleks pemerintahan tersebut merupakan perluasan dari bangunan Gedung Perpustakaan yang lama.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati didampingi oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan serta Kepala Dinas Arpus Kabupaten Pekalongan.

Selain meresmikan Gedung baru, Bupati Fadia juga membuka Seminar Peningkatan Budaya Literasi yang digelar dihalaman Gedung perpusda. Dalam sambutannya, Bupati Pekalongan mengaku bahagia karena Kota Santri memiliki gedung perpustakaan yang baru dengan tampilan yang cantik dan bagus. Selain itu gedung tersebut juga ramah disabilitas dan mempunyai tempat bermain.

“nantinya saya berharap perpusda dapat bekerjasama dengan Dinas Pendidikan agar bisa membawa anak-anak dari TK hingga Tingkat SMA untuk bisa datang kesini, sehingga perpustakaan ini bisa ramai dan bermanfaat,” ujarnya.

Fadia menambahkan, jika diluar negeri, perpustkaan menjadi tempat yang ramai dan banyak orang yang duduk disitu untuk belajar. Sehingga dirinya berharap di Kabupaten Pekalongan juga bisa seperti itu.
“buku untuk anak-anak dan buku perkuliahan agar bisa diperbanyak koleksinya sehingga anak-anak bisa belajar disini. Semoga Gedung ini bisa membawa manfaat, karena jika anak kita pintar-pintar maka Kabupaten Pekalongan akan menjadi cerdas dan hebat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Arpus Kabupaten Pekalongan Suprayitno menambahkan, perluasan gedung baru ini menelan biaya sekitar 5,2 milyar yang bersumber dari DAK. Dengan rincian 4,5 milyar untuk Pembangunan fisik, 500 juta untuk perlengkapan dan 200 juta untuk pengadaan buku.
“gedung ini dibuat futuristic dengan memadukan budaya dan kearifan local, ada gunungan dan motif batik yang merupakan ciri khas Kabupaten Pekalongan dan juga ramah anak dan disabilitas serta free wifi,” terangnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button