Instansi

Berikan Edukasi Bawaslu : sosialisasi ini bisa mensepahamkan panwaslucam ketika di TPS

Pemilu – Bawaslu Kabupaten Pekalongan adakan Sosialisasi Peraturan Bawaslu Dan Produk Hukum Non Perbawaslu di Hotel Howard Johnson Kota Pekalongan, selasa (30/01/24). Kegiatan tersebut diikuti oleh ketua dan bagian hukum Panwaslucam se-kabupaten pekalongan.

Edukasi Bawaslu

Teguh Setiawan, Divisi hukum dan sengketa Bawaslu kabupaten pekalongan menuturkan bahwa dengan diadakannya sosialisasi ini bisa mensepahamkan panwaslucam ketika di TPS.

Hal tersebut diperuntukkan kepada narasumber yang kedua yaitu Muhammad Mahruz, S. T. anggota kpu provinsi jawa tengah dengan pembahasan produk hukum non perbawaslu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) no. 25 tahun 2022.

“Harapannya yang kedua narsumnya memberikan edukasi kepada kawan-kawan panwascam mengenai teknis pemungutan dan penghitungan suara nanti di TPS,” Tutur teguh dalam wawancara langsung.

Selanjutnya untuk materi yang pertama diisi oleh Prof. Dr. Purwo Susongko, M. Pd dari akademisi dengan pembahasan peraturan perbawaslu No. 9 mengenai tata cara penyelesaian sengketa pemilihan umum.

Teruntuk permasalahan sengketa pemilu, Teguh menyampaikan lebih sering terjadi permasalahan di PK atau Baliho.”Misalnya pemasangan yang menutupi PK yang lainnya, biasanya banyak yang seperti itu di tingkat kecamatan”.

Harapan lain yang diinginkannya ialah agar ketika terjadi sengketa di tingkat kecamatan para Panwaslucam dapat menyelesaikannya.

“Artinya teorinya sudah dapat tinggal implementasi di lapangan.” Jawab Teguh.

Penulis : Pras

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button