Instansi

Setelah 4 Tahun Vakum, Desa Sidomukti Kembali Gelar Tradisi Ruwat Bumi

Karanganyar – Sebagai langkah dalam menjaga dan melestarikan budaya nenek moyang, Desa Sidomukti Kecamatan karanganyar kembali menggelar tradisi ruwat bumi. Kegiatan ruwat bumi diadakan di situs petilasan Ki Jurangmangu Dukuh Jurangmangu Desa Sidomukti Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan ini menampilkan hiburan kesenian tradisi Ronggeng dari grup Margalaras dari Desa Trajumas Kecamatan Kandangserang.

Kepala Desa Sidomukti Abu Chair menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga yang sudah mendukung terlaksananya tradisi ruwat bumi di desa Sidomukti. “Sebagaimana diketahui bahwa tradisi ruwat bumi di Desa Sidomukti rutin dilaksanakan setahun sekali ini, sudah 4 tahun vakum dan alhamdulillah malam ini bisa terlaksana kembali,” tuturnya, Rabu (20/12) malam.

Ia berharap, dengan terlaksananya acara ini, kita semua terhindar dari mara bahaya ataupun wabah penyakit serta masyarakat guyub rukun.

Sementara itu, Kapolsek Karanganyar AKP Edy Sarwono saat menghadiri kegiatan ruwat bumi Desa Sidomukti menyampaikan, bahwa tradisi ruwat bumi yang dilaksanakan tiap tahun di Desa Sidomukti ini,. Oleh karena itu, sebagai umat manusia yang hidup di bumi supaya selalu bersyukur atas kenikmatan yang diberikan.

“Yang terpenting lagi bagi kita, agar selalu menjaga harkamtibmas khususnya di wilayah Karanganyar menghadapi Pemilu 2024. Maka dari itu, mari bersama kita menjaga dan menciptakan situasi keamanan di wilayah ini,” ujarnya.

Selain Kapolsek Karanganyar dan Kepala Desa Sidomukti, acara ruwat bumi juga dihadiri oleh Camat Karanganyar yang diwakili Sekcam Siswoyo, Danramil Karanganyar diwakili Serda Pujiono, perangkat Desa Sidomukti serta warga masyarakat Desa Sidomukti.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button