Human Interest

Layanan Donor Usai Tarawih, Jaga Stok Darah Aman

Kab. Pekalongan: Pastikan stok darah aman selama bulan Ramadan dan Lebaran, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah tetap membuka layanan donor darah usai shalat tarawih.

Selain di Kantor PMI, Petugas juga jemput bola dengan menggelar donor darah massal di masjid-masjid untuk menjaring donor darah setelah salat tarawih. Selain itu giat donor darah rutin juga di layani 24 jam di Kantor Unit Donor Darah setempat.

“Jadwal layanan tidak ada perubahan terutama pelayanan darah itu sampai 24 jam, sedangkan untuk layanan donor darah dari tanggal 1 Maret 2024 hingga tanggal 15 Mei 2024, Kita ada program Menu donor, yaitu kita sediakan paket bagi pendonor,” ujar Titis Andi Susilo Kabid Administrasi Kepegawaian PMI Kabupaten Pekalongan, Senin (25/3/2024).

Dia menambahkan, Selama 13 hari puasa stok darah di PMI Kab. Pekalongan tidak berkurang, Rata rata per hari mencapai 50- 60 kantong darah. Untuk golongan darah yang tersedia yaitu Golongan A ada 37 kantong, Golongan B 153, O 124 dan AB 26 dengan total 340 kantong darah.

Jadwal kerja dan Pelayanan dari jam 08.00 WIB – 22.00 WIB. Unit mobil donor darah akan ditempatkan di masjid-masjid besar untuk menerima pendonor darah seusai tarawih. Satu malam kita ada tiga titik unit donor darah keliling.

“Alhamdulillah, untuk satu siklus donor PMI Kab. Pekalongan rata-rata sebulan mencapai 1700 kantong darah. Dengan program tersebut selama bulan puasa, stok darah di.PMI Kabupaten Pekalongan selama bulan puasa Ramadan bahkan lebaran tersedia,”katanya.

Salah seorang warga yang hendak mengambil darah, Nur Cahyo menyampaikan selama bulan puasa ini layanan di PMI Kabupaten Pekalongan lancar dan berjalan seperti hari normal.
“Ini mau ambil darah, prosesnya cepat dan Alhamdulillah stok darahnya ada,” terang Cahyo.

(Penulis : Mahasiswa Magang USM)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button