Human Interest

Sopir Bus dan Petugas Terminal Pekalongan Cek Kesehatan

Kota Pekalongan : Upaya Ciptakan Mudik Aman dan Cegah Kecelakaan lalulintas, Sopir Bus dan Petugas Terminal Tipe A Pekalongan jalani Tes Kesehatan.

Terminal Tipe A Pekalongan bekerjasama dengan Jasa Raharja Cabang Pekalongan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para awak armada angkutan lebaran, Petugas Terminal dan sejumlah masyarakat yang beraktivitas di sekitar terminal. Tes kesehatan dilakukan menjelang puncak arus mudik Lebaran 2024 yang sudah mulai terlihat pada Kamis (4/4/2024).

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Pekalongan, Senewan mengatakan bahwa, kegiatan tersebut bertujuan memberikan jaminan keselamatan dan keamanan kepada para penumpang mudik. “Diharapkan kesehatan pengemudi  tidak terganggu. Untuk itu total ada 60 orang yang menjalani pemeriksaan kesehatan, terdiri dari 10 sopir bus AKAP, dan 50 orang masyarakat maupun petugas terminal,” terangnya.

Dijelaskan Senewan, Pemeriksaan kesehatan meliputi tes tekanan darah, gula darah, diagnosa oleh dokter terkait keluhan dan diberikan obat sesuai keluhan yang mereka derita.Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan tersebut, hasilnya tekanan darah baik sopir bus maupun petugas dan masyarakat yang ada di Terminal Pekalongan masih dalam batas normal dan dinyatakan aman untuk bekerja.

“Mereka hanya butuh suplemen dan vitamin untuk menjaga stamina badan. Selain pemeriksaan kesehatan, sebagai tahapan awal persiapan mudik Lebaran 2024, pihak Terminal Tipe A Pekalongan juga sudah melakukan Ramp Check terhadap seluruh Angkutan Bus sejak awal Ramadhan 1445 Hijriah,”ungkapnya.

Disampaikan Senewan, Terminal Tipe A Pekalongan sudah sering memberikan sosialisasi secara door to door dan melalui himbauan baik secara lisan maupun melalui MMT agar pengemudi bus menjaga kesehatan keselamatan di jalan. Untuk tes narkoba, diakui Senewan, sudah dilakukan sampel di terminal pemberangkatan awal ataupun terminal besar seperti di sejumlah terminal di Jakarta dan Terminal Tirtonadi Solo.

“Untuk persiapan angkutan lebaran tahun ini, semuanya sudah siap karena kami sudah melakukan beberapa kegiatan persiapan, seperti pemeriksaan kesehatan, ramp check, penyiapan data kendaraan, pendirian posko di dalam terminal, koordinasi dengan dishub dan instansi terkait,”pungkasnya.

Sementara itu, salah satu Sopir Bus Laju Prima, Susanto menyampaikan, Untuk turut menekan angka kecelakaan, Baik awak Bus maupun Armada di PO Laju Prima sudah di cek kesehatan dan dinyatakan kelayakan jalanya.

“Dari PO Laju Prima untuk arus mudik ini menyiapkan Tiga Armada Bus setiap harinya, dengan sistem shift yaitu Keberangkatan Pagi, Siang dan Malam. Alhamdulillah semuanya sudah di cek kondisinya dan dinyatakan layak jalan,” terang Susanto.(RKS/Teddy).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button