Instansi

KPU Kabupaten Pekalongan Butuh 95 Orang Anggota PPK

Kajen : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan membuka seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). 95 orang ini akan bertugas pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah serta Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Pekalongan 27 November 2024 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, Lailatul Izzah saat menjadi Narasumber pada Podcast Suara Pemuda, Kamis (25/4/2024) mengungkapkan, untuk pendaftaran seleksi calon anggota PPK sudah dibuka dari Tanggal 23 hingga 29 April 2024 nanti.

“Silahkan bagi generasi muda, usia minimal 17 tahun bisa daftar sebagai calon anggota PPK yang sudah dibuka dari tanggal 23-29 pada jam kerja,” jelasnya.

Kabupaten Pekalongan membutuhkan sebanyak 95 PPK dengan rincian 5 orang dikali 19 kecamatan. “Syarat menjadi anggota PPK cukup mudah, namun pendaftar harus berdomisili di wilayah PPK bersangkutan, misalnya KTP di Kecamatan Kajen mendaftarnya juga untuk PPK Kajen” bebernya.

Izzah menyebutkan, pendaftaran ada dua mekanisme yakni secara online di upload persyaratan di https://siakba.kpu.go.id/. Setelah melakukan pendaftaran di aplikasi tersebut, dokumen secara fisik diserahkan ke kantor KPU Kabupaten Pekalongan paling lambat 29 April.

Bagi yang pernah menjadi PPK pada pemilu 2024 kemaren bisa ikut mendaftarkan diri dan ikut seleksi kembali, karena PPK Pemilu kemaren tidak untuk dua periode. “Jadi PPK pada pemilu bisa mendaftar lagi, kali ini tugas pokoknya ialah penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati,” terangnya.

Ditambahkan, untuk masa kerja PPK periode ini dilantik 16 Mei 2024 dan berakhir pada Januari 2025. “Untuk honorarium PPK kurang lebih sama dengan pemilu, yang kemaren untuk Ketua PPK honorariumnya Rp2,5 juta dan anggota PPk Rp2,2 juta dipotong pajak,” tukasnya.

Salah satu warga Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Reza Rivaldi yang pernah mendaftar sebagai PPK pada Pemilu 2024 lalu menyatakan, Dirinya kembali akan mengikuti seleksi sebagai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Kalau di Kecamatan Kajen itu peminat menjadi PPK banyak, pokonya persaingan ketat, tapi sangat tertarik, honornya menggiurkan,”pungkasnya.

Harapannya pada pilkada tahun ini dirinya beruntung dan bisa lolos menjadi Anggota Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK ) Kajen.(RKS/Teddy).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button