HiburanInstansi

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq Buka Festival Durian Doro

Doro- Bupati Pekalongan Fadia Arafiq membuka Festival Durian Doro , Sabtu, 13 Januari 2024. Festival Durian Doro yang baru kali pertama digelar ini akan dipusatkan di halaman Kantor Kecamatan Doro.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan Mukhtharuddin Ashraff Abu yang juga suami Bupati Pekalongan, para Kepala OPD, Forkompimcam Doro, para petani durian dan juga pengunjung festival durian.

Dalam sambutannya Bupati Fadia mengatakan bahwa kegiatan di Kecamatan Doro ini merupakan kegiatan yang luar biasa dengan mengadakan festival durian yang diikuti oleh para petani durian se Kecamatan Doro. Selain bisa meningkatkan UMKM juga bisa memberikan kesejahteraa bagi petani durian.

“festival ini bagus dan semoga kedepan bisa lebih meriah lagi, dan saya minta Pemkab bisa membantu agar acara bisa lebih meriah lagi dan tidak hanya melibatkan petani dari Doro saja akan tetapi juga dari daerah lain,” katanya,

Dijelaskan Fadia, bahwa di Alun-Alun Kajen pada, Minggu 14 Januari juga akan mengadakan festival durian yang lebih besar yang akan dimulai dari jam 08.00 pagi hingga malam dengan menghadirkan artis untuk memeriahkan acara.

“saya sangat mendukung petani durian, hal itu agar durian Kabupaten Pekalongan menjadi terkenal tidak hanya bagi warga lokal saja tetapi sampai ke daerah lain bahkan sampai ke internasional,” terangnya.

Bupati menambahkan, untuk soal rasa, durian Kabupaten Pekalongan mempunyai rasa yang enak, tinggal bagaimana cara mempromosikan durian biar lebih terkenal dan Kabupaten Pekalongan mempunyai durian yang tidak kalah dari daerah lain.

“durian kita bisa dinamai supaya menjadi terkenal, saya pencinta durian dan kalau sudah mencicipi durian Kabupaten Pekalongan tidak akan kelain hati. Tamu-tamu pejabat juga saya suguhi durian, agar mereka bisa merasakan enaknya durian lokal dan juga untuk mempromosikan durian kita,” ujarnya.

Untuk menunjang infrastruktur bagi petani durian, lanjut bupati, pada tahun 2024 ini akan dibangun jalan Dororejo-Rogoseko dengan anggaran 2,5 milyar yang merupakan jalur petani durian. Angkat Potensi Lokal, Festival Durian Doro Akan Digelar

“itu setelah saya cek jalannya rusak, semoga dengan pembangunan jalan itu bisa memudahkan orang-orang untuk menjangkau ke tempatnya langsung. Karena sesuatu itu menarik jika dapat makan langsung ditempat dengan ditunjang jalan yang bagus. Semoga ditahun 2024 ini petani durian dapat lebih sejahtera,” harapnya.

Sementara itu Panitia Festival Durian Doro, Slamet Alimin menuturkan, Festival Durian Doro akan dibagi dalam dua agenda. Hari pertama, kata dia, tanggal 13 Januari 2024 untuk lomba kontes durian unggulan Doro, bazar durian, dan bazar kuliner serta UMKM. Pada hari kedua, akan ada kirab gunungan durian dari seluruh desa atau 14 desa di Kecamatan Doro dan hiburan.

“terimakasih kepada Bupati Pekalongan yang sudah hadir dan membuka kegiatan ini dan semoga bisa meningkatkan perekonomian di Kecamatan Doro, khususnya bagi UMKM dan petani durian di kecamatan ini,” tutur Slamet Alimin yang juga menjabat sebagai Kades Dororejo.

Penulis : Fiki

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button