Instansi

KPU Kabupaten Pekalongan Libatkan Ratusan Warga Untuk Sortir Dan Lipat Surat Suara

Kajen- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan mulai melakukan sortir dan lipat surat suara yang digunakan pada Pemilu 2024. Untuk mempercepat proses penyortiran dan pelipatan surat suara, KPU melibatkan ratusan warga.

Kegiatan yang berlangsung di Gudang KPU, yang terletak di Gedung Olahraga New Coral yang terletak di Kecamatan Karanganyar, Rabu (10/1/2024) juga menggandeng para penyandang disabilitas.

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Laelatul Izzah mengatakan, banyaknya jumlah pekerja penyortiran dan pelipatan kertas suara ini demi mengejar target penyelesaian, yakni 10 hari. Namun tidak menutup kemungkinan target waktu itu lebih dipercepat.

“kita libatkan 350 warga yang sebagiannya merupakan difabel. Kita targetkan selesai 10 hari, namun semoga 7 hari proses ini sudah selesai,” ujarnya.

Dijelaskannya, pada hari pertama kegiatan sortir dan lipat surat suara, belum ditemukan surat suara yang rusak. “saat ini masih aman, selain melibatkan warga kita juga mengerahkan temen-temen sekretariat dan mahasiswa untuk jadi pengawas di masing-masing kelompok,” terang Izzah.

Di Kabupaten Pekalongan sendiri, lanjutnya, ada total 3.753.890 surat suara dari 5 jenis surat suara yakni, Surat suara untuk Pasangan Capres dan Cawapres (warna Abu-Abu), DPR RI (warna kuning), DPD (warna merah), DPRD Provinsi (warna biru), dan DPRD kabupaten/kota (warna hijau).

“Sebelum dilipat, kertas wajib dibuka dan diperiksa. Setelah dipastikan tidak sobek, berlubang atau rusak, surat suara sudah bisa dilipat,” katanya.

Ditambahkannya, untuk logistic Pemilu 2024 sudah ada di Gudang KPU, hanya saja sebagai masih ada kekurangan jumlah. “sudah siap kita set untuk persiapan distribusi ke masing-masing kecamatan,” ucapnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button