Instansi

Ratusan Petani Terdampak Banjir Terima Bantuan Stimulan dari BNPB.

Kajen – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia berikan bantuan stimulan kepada 750 petani gagal panen (puso) di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Penyerahan bantuan secara simbolis berlangsung di Halaman Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan. Rabu (13/12/23) sore.

Berdasarkan data yang tercatat di BNPB, disampaikan oleh Kepala BNPB Letnan Jendral TNI Suharyanto. Selama tahun 2023 terdapat 57.053 petani yang mengalami gagal panen yang tersebar di 136 kab/kota di 20 provinsi. Total kerugian mencapai 412,4 miliar rupiah. Untuk provinsi Jawa Tengah petani yang mengalami gagal panen berjumlah 6.431 orang dengan total lahan seluas 16.321 Ha.

“Bapak presiden, ini kami hadirkan sebagian yang terdampak dari delapan kabupaten/kota di Jawa Tengah yaitu Pekalongan, Grobogan, Kendal, Kudus, Brebes, Pati, Jepara, dan Demak. Sejumlah 750 adapun besaran bantuan stimulan yang diberikan sebesar 8 juta rupiah/Hektar,” ucap Letjen TNI Suharyanto dalam laporannya.

Letjen Suharyanto juga menambahkan bahwa bantuan stimulan diberikan agar para petani kembali bersemangat menanam padi di musim tanam selanjutnya.

Presiden Joko Widodo yang hadir secara langsung memeberikan bantuan stimulan secara simbolis kepada sepuluh perwakilan petani yang hadir di halaman Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan.

“Saya senang pada sore hari ini telah mulai diberikan untuk di Jawa Tengah sekitar enam ribu petani untuk 16 ribu hektare yang tahun kemarin gagal panen (puso) karena kebanjiran. Maka dari itu agar dilakukan penanaman kembali biaya produksinya sebagian diganti oleh pemerintah,” Tutur Presiden Jokowi sapaan akrabnya.

Jokowi juga berpesan kepada petani yang hadir untuk segera menanam. Mengingat sekarang ini sudah memasuki musim penghujan dan juga harga gabah sedang tinggi.

Bantuan stimulan nantinya akan disalurkan melalui Bank Himbara ( Himpunan Bank Milik Negara) dengan proses yang sederhana, tidak berbelit-belit dan tanpa ada potongan apapun.

Penulis : Reza

Reporter : Pras, Reza

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button