Human InterestInstansi

Harga Beras Di Pasar Kajen Naik Jelang Imlek

KAJEN : Harga beras terpantau mengalami kenaikan di Pasar Induk Kajen, Kabupaten Pekalongan menjelang tahun baru Imlek 2024. Kenaikan harga terjadi pada beras medium maupun premium.

Disampaikan Pedagang beras di Pasar Induk Kajen, Nuriyah beras premium per Senin, 5 Februari 2024 harganya Rp.16.000 per kg, meningkat dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar Rp 14.000 per kg. Sedangkan beras medium naik dari bulan lalu yang sebesar Rp 13.240 per kg menjadi 14.600 per kg.

Harga Beras Di Pasar Kajen Naik Jelang Imlek

” Penyebabnya kita tidak tahu, tapi sudah seminggu ini setiap hari harga beras selalu naik,” terang Nuriyah saat ditemui di Pasar Induk Kajen, Selasa (6/2/2024).

Hal tersebut dibenarkan Pedagang beras lainya, Taruni dirinya menyampaikan sering di komplain pembeli akibat harga beras yang terus melonjak.

” Untuk harga beras memang akhir-akhir ini terus naik katanya disebabkan produksi menurun, belum masuk panen, kemudian menjelang tahun baru Imlek,” terang Runi.

Taruni menambahkan, harga beras medium berkisar antara Rp 13 ribu hingga Rp 14 per kilogram sedangkan harga beras premium sebesar Rp 16 ribu per kilogram. Padahal, harusnya harga eceran tertinggi (HET) beras medium Rp 10.999 dan beras premium Rp 16 ribu per kg.

Kondisi tersebut dikeluarkan seorang pedagang nasi goreng, di Desa Nyamok, Sumarno akibat naiknya harga bahan utama dagangannya ini penghasilan menurun.

“Iya kenaikan Rp 3.000 per kilo, tadinya setiap hari dagangan saya itu bisa habis 3-5 kilo, sekarang ini hanya 1-2 kilo saja, karena sepinya pembeli.” Terangnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button