Instansi

Polres Pekalongan Kota Amankan 80 Balon Liar dan 308 Petasan

Kota Pekalongan: Sepekan berlangsung,
Sebanyak 80 balon udara liar dan 308 petasan berbagai ukuran berhasil disita jajaran Polres Pekalongan Kota pada momentum Syawalan tahun 2024. Balon liar dan petasan tersebut disita dari sejumlah wilayah hukum Polres Pekalongan Kota.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Doni Prakoso Widamanto, dalam pers release, Kamis (18/4/2024) menjelaskan, jumlah balon udara liar berisi petasan yang dibuat oleh oknum masyarakat dan hendak diterbangliarkan di langit Kota Pekalongan pada momentum Syawalan Tahun 2024 mengalami penurunan dibandingkan momentum Syawalan Tahun 2023 lalu.

“Balon-balon tersebut berhasil disita oleh petugas gabungan,selama satu minggu sejak Hari H Lebaran Idul Fitri hingga momentum Perayaan Syawalan 2024,” terang Kapolres.

AKBP Doni menambahkan, dalam giat Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) di momentum Lebaran dan Syawalan, selain fokus pelaksanaan giat pengamanan mudik Operasi Ketupat Candi 2024, jajaran Polres Pekalongan Kota bersama personel gabungan, selain menyita 80 balon udara dan 308 petasan berbagai ukuran, juga menyita serta 13 buah tungku balon udara liar.

“Pada tahun sebelumnya, jumlah balon udara yang berhasil disita mencapai lebih dari 200 balon, dan 500 buah petasan. Sehingga, di Tahun 2024 ini, ada penurunan jumlah temuan barang bukti hasil sitaan balon udara liar berisi petasan,” tegasnya.

Menurutnya, Kota Pekalongan memiliki suatu kegiatan yang dianggap sebagai suatu tradisi, walaupun sebenarnya menerbangkan balon udara yang dilepasliarkan ke langit tanpa ditambatkan ini menjadi suatu hal yang sudah dilarang pemerintah.

Kinerja Jajan Polres Pekalongan Kota dan gabungan tersebut mendapat apresiasi dari Walikota Pekalongan, HA Adzan Arslan Djunaid saat menutup Pekalongan Ballon Festival 2024.

“Kami sangat berterimakasih kepada jajaran Polres Pekalongan Kota dan TNI serta semua pihak yang telah bersinergi dalam turut menjaga kondusifitas dan menggagalkan penerbangan balon udara liar,” terangnya.(RKS/Teddy).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button