Hiburan

LKP Mekar Budaya : Melihat Perkembangan Keilmuan Peserta Didik Melalui Ujian Kenaikan Tingkat 2023

Kajen – Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Mekar Budaya Bojong mengadakan ujian kenaikan tingkat tahun 2023 bertempat di Aula Kecamatan Bojong pada Minggu (07/01/24). Sebanyak 44 peserta yang mengikuti ujian dibagi menjadi empat kelas yaitu 28 anak untuk tingkat pratama, 9 anak untuk tingkat madya 1, dan 7 anak untuk tingkat madya 2. Proses ujian kenaikan tingkat dilakukan yang tujuannya untuk menilai perkembangan anak didik di LKP Mekar Budaya, sehingga nantinya akan terlihat seberapa maksimal penyerapan ilmu tari yang selama ini sudah diajarkan.

Ketua LKP Mekar Budaya Cucuk Marita, S. Pd. menjelaskan dalam ujian kenaikan tingkat ini terdapat nilai minimal atau Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang harus dicapai oleh peserta didik. Apabila nanti setelah pengujian selesai beberapa siswa yang nilainya masih dibawah KKM akan diberikan bimbingan perbaikan agar bisa mencapai nilai minimal yang telah ditentukan tanpa melakukan ujian kenaikan tingkat lagi.

”Dalam ujian ini kan ada nilai standard yang perlu dicapai, apabila anak tersebut belum bisa mencapai nilai standard yang ditentukan maka nantinya akan dilakukan program perbaikan sampai bisa mencapi nilai standard di LKP Mekar Budaya,” terang Cucuk Marita saat ditemui tim RKS.

Cucuk juga menambahkan dirinya berharap dengan adanya kegiatan kenaikan tingkat ini nantinya para peserta didik bisa lebih semangat dalam latihan menari. Bisa terus naik tingkat sampai bisa mencapai tingkat akhir yaitu tingkat Mahir.

Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Bojong Caswiro, S. Pd, M. Pd, yang hadir pada kegiatan ujian kenaikan tingkat, turut memberikan apresiasi kepada LKP Mekar Budaya yang masih aktif dalam melestarikan budaya tradisional sehingga sampai saat ini peserta didiknya tidak hanya dari wilayah Kecamatan Bojong saja, tapi dari berbagai wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Pekalongan.

“LKP Mekar Budaya ini meskipun berlokasi di Kecamatan Bojong tapi untuk peserta didiknya sudah meluas sampai kecamatan Siwalan, Kecamatan Kesesi, Kecamatan Doro dan Kecamatan Sragi. Artinya LKP Mekar Budaya ini sudah terkenal di tingkat Kabupaten Pekalongan,” Tutur Wiro sapaan akrabnya.

Caswiro juga menyarankan untuk anak-anak yang punya ketertarikan dibidang seni tari bisa ikut bergabung bersama LKP Mekar Budaya karena sudah banyak mengukir prestasi, serta para alumnusnya sudah banyak yang menjadi pelatih tari atau professional tari yang sudah mengasilkan pundi-pundi rupiah.

Salah satu orang tua dari peserta didik yaitu Gati yang anaknya juga ikut dalam ujian kenaikan tingkat pada kelas madya 1 dirinya berterima kasih kepada LKP Mekar Budaya karena dengan adanya kegiatan ini bisa menumbuhkan kreativitas, bakat dan meningkatkan kepercayaan diri. Dirinya juga berharap agar anaknya bisa lebih terampil dan lebih mahir kemudian bisa membawa budaya asli Indonesia ini tetap lestari.

Penulis : Reza

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button