Instansi

Harga Bawang Merah Mahal, Pedang Pasar Karanganyar Mengeluh

Kajen : Usai Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, Pedagang di Pasar Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah keluhkan mahalnya harga Bawang merah yang mencapai Rp.65 ribu/Kg. Selain itu harga bawang putih juga masih bertinggi yaitu Rp.44 ribu perkilo.

Disampaikan Pedagang di Pasar Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Bambang, Rabu (24/4/2024).Masyarakat Kabupaten Pekalongan bisa bernafas lega sejenak usai lebaran, Pasalnya harga sembako mulai turun, beras kualitas super perkilo Rp16.000 dari harga semula Rp18.000, kualitas Medium Rp.14.000 yang semula Rp.15.000, sedangkan beras kualitas biasa saat ini dibandrol Rp.12 ribu perkilo.

“Untuk sembako seperti beras, telur dan minyak saat ini harganya sudah berangsur turun, telur ayam ras perkilo saat ini Rp28 ribu, sebelum dan sesudah lebaran harga tinggi mencapai Rp32 ribu Perkilogramnya,” terang Bambang.

Saat ini justru kenaikan harga terjadi pada komoditas Bawang Merah dan Bawang Putih. Disampaikan Pedagang lain, Fadila, Harga bawang merah dari Rp40 ribu menjadi Rp65 ribu perkilo, Untuk bawang putih dari Rp 35 ribu saat ini Rp44 ribu perkilo. Sementara untuk Cabai saat ini turun, dari harga Rp30 ribu saat ini perkilonya Rp28 ribu.

”Setelah lebaran kondisi pasar agak sedikit sepi tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Para pedagang mengharapkan pemerintah mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan harga-harga yang belum stabil,” terang.

Ditambahkan penyebab mahalnya harga bawang merah lantaran saat ini pasokan bawang merah mulai berkurang karena sudah usai musim panen dan permintaan pasar meningkat karena ramainya musim hajatan.(RKS/Teddy).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button