Instansi

Pemkab Pekalongan Akan Adakan Syawalan Gunungan Megono Di Objek Wisata Linggoasri

Kajen- Pemerintah Kabupaten Pekalongan akan mengelar kegiatan Syawalan Gunungan Megono yang akan diadakan Di Objek Wisata Linggoasri, Rabu 17 April 2024.

Acara tahunan tersebut akan dimeriahakan dengan gunungan megono serta gunungan dari 19 kecamatan yang akan dikirab menuju objek wisata milik pemkab tersebut.

Selain itu juga disediakan nasi megono yang akan dibagikan kepada pengunjung serta akan dihibur dengan berbagai kesenian tradisional dan panggung hiburan.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pekalongan Wahyu Kuncoro mengatakan, acara syawalan di Kabupaten Pekalongan akan dipusatkan di Objek Wisata Linggoasri dengan arak-arakan gunungan megono dari 19 kecamatan yang mengundang seluruh masyarakat.

“tradisi syawalan merupakan kebiasaan masyarakat muslim yang dilakukan satu minggu setelah Idul Fitri. Kami dari Pemkab beserta masyarakat Desa Linggoasri akan menyelenggarakan tradisi tahunan pada Rabu besok,” katanya.

Menurutnya, total ada 20 gunungan dari 19 kecamatan dan satu gunungan megono yang akan dikirab, serta juga disediakan nasi megono bagi para pengunjung yang hadir pada acara.

“mungkin jumlah gunungan masih bisa bertambah dari partisipan, dan acara akan dimulai dari pukul 09.00 pagi yang akan dimulai dengan kirab,” tambah Wahyu.
Dijelaskan Wahyu, bahwa pada tahun ini, syawalan akan dilaksanakan dengan konsep kolaboratif dengan masyarakat Linggoasri akan menjadi tuan rumah dan akan menampilkan kesenian khas desa tersebut.

“nanti juga akan ada beberapa grup kesenian dari masyarakat yang akan ikut memeriahkan acara,” jelasnya.

(Penulis : Fiki)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button