Human Interest

Puncak Festival Balon Tambat, Kok Masih Ada Balon Liar

Kota Pekalongan: Sosialisasikan potensi bahaya balon liar, AirNav Indonesia, bersama Pemerintah Kota Pekalongan, Semarakkan Grand Final Pekalongan Ballon Festival 2024 di Lapangan Mataram, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Puncak event festival balon tambat 2024 di Kota Pekalongan berlangsung, Rabu (17/4/2024). Dalam kesempatan tersebut, Walikota Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid sangat menyayangkan masih ada puluhan balon udara liar yang diterbangkan.

Mas Aaf (Sapaan Akrab Walikota) mengungkap, Masih banyak balon udara terbang liar di wilayah Kota Pekalongan. Padahal dengan diselenggarakannya event ini pihaknya berharap tidak ada lagi balon udara yang diterbangkan secara liar.

“Dari lebaran Hingga syawalan ini, Masih ada sekitar 20 (balon) terbang (liar) di langit Pekalongan. Mudahan-mudahan tahun depan untuk masyarakat lebih komitmen lagi zero balon liar untuk diterbangkan,” kata Aaf.

Aaf menjelaskan, Pemkot Pekalongan menyelenggarakan festival tersebut sebagai bentuk melestarikan tradisi masyarakat setelah momen Lebaran. Hal itu juga sekaligus meminimalkan potensi masyarakat menerbangkan balon udara secara liar, yang dapat membahayakan.

“Kemarin sempat dilaporkan ada balon udara terbang liar di langit Kota Pekalongan dengan ketinggian ribuan meter,” ungkapnya.

Pada gelaran Final Pekalongan Ballon Festival 2024, Direktur Keselamatan, Keamanan dan Standardisasi Airnav Indonesia Ahmad Nurdin Aulia menyatakan selama periode mudik 2024, pihaknya masih mendapati total 15 laporan dari pilot yang melihat balon udara. 

“Namun demikian, jumlah ini sudah sangat turun dibandingkan tahun 2023 lalu yang mencapai 68 laporan. Target kami, dapat terus berkurang ke depannya,” kata Aulia.

Ditambahkan, Pihaknya sangat mengapresiasi Pemkot Pekalongan, khususnya Wali Kota Achmad Afzan Arslan Djunaid dan Komunitas Sedulur Pekalongan karena selalu memfasilitasi kegiatan Festival Balon dengan baik. 

“Untuk tahun ini, ada 73 tim peserta yang ikut memeriahkan Festival Balon Udara yang ditambatkan di Kota Pekalongan,”pungkasnya.(RKS/Teddy).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button