Human Interest

Pemudik Dengan Kereta Api Naik 10 Persen

Kota Pekalongan : Jumlah Pemudik yang menggunakan Kereta Api pada H-1 lebaran atau 9 April 2024 diprediksi mencapai 25 ribu penumpang di wilayah Daop IV/Semarang. Hal tersebut diungkapkan Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang, Frans Wibowo, di Stasiun Pekalongan, Minggu (7/4/2024).

Data PT KAI Daop 4 Semarang pada arus mudik di masa angkutan lebaran sejak H-10 hingga H-4 atau 31 Maret – 6 April 2024 meningkat 10 persen. Untuk keberangkatan penumpang saat arus mudik dari Daop IV/Semarang ke kota-kota lainnya mencapai lebih dari 122 ribu penumpang.

Frans menyampaikan, Untuk puncak arus mudik telah berlangsung pada 6 April 2024 dengan jumlah penumpang mencapai 28 ribu lebih pelanggan KA yang telah tiba di stasiun-stasiun di wilayah Daop IV/Semarang.

“Jumlah penumpang tersebut mengalami kenaikan sekitar 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya. untuk mengantisipasi animo masyarakat yang terus bertambah naik KA, PT KAI melakukan penambahan stamformasi maupun menyediakan KA tambahan,” terang Frans.

Ditambahkan, untuk jumlah kedatangan penumpang rata-rata setiap harinya hingga H-1 atau 9 April 2024, mencapai di atas 25 ribu penumpang di wilayah Daop IV/Semarang. Pihaknya memprediksi untuk puncak arus balik lebaran terjadi pada 14 April 2024, Kemungkinan akan mencapai 28 ribu hingga 30 ribu penumpang.

“Hingga saat ini kedatangan penumpang setiap harinya naik, prediksi kami pada H-1 atau 9 April 2024, mencapai di atas 25 ribu penumpang,” terangnya.

Untuk mengatasinya, Daop IV/Semarang, menambah Kereta Api keberangkatan awal dan kedatangan sebanyak 3 Kereta Api. Terdiri atas KA Kaligung, KA Ciremai, dan KA Argo Merbabu. Sedangkan untuk Kereta Api tambahan yang melintas berjumlah 4 Kereta Api, yakni KA Sembrani tambahan, 2 KA Kertajaya tambahan dan 2 KA Brantas tambahan.

“Upaya yang sudah kami lakukan dengan pengadaan Kereta Api tambahan, baik keberangkatan awal dan kedatangan maupun yang melintas,”ungkapnya.

Selain itu, Untuk kondisi di Stasiun Pekalongan, keberangkatan penumpang pada hari biasa di luar hari raya lebaran mencapai sekitar 1.500 penumpang. Sedangkan 6 April 2024 merupakan kedatangan tertinggi penumpang di Stasiun Pekalongan yang mencapai jumlah lebih dari 3.700 pelanggan KA yang turun di Stasiun Pekalongan.

Sementara salah satu penumpang Kereta Api tujuan Purwokerto, Ismu Faza Rohaliyana menyampaikan memilih kereta api untuk angkutan mudik lebaran karena semakin mudah dan nyaman. ” Biasanya saya dijemput menggunakan mobil pribadi, karena Kereta Api sekarang lebih nyaman, saya mudik tahun ini pilih naik Kereta Api,”terangnya.(RKS/Teddy).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button