Human Interest

Mudik Gratis, Pemkot Pekalongan Siapkan 2 Armada Bus

Kota Pekalongan : Sambut arus mudik dan balik lebaran Tahun 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan siapkan 2 (dua) armada bus gratis. Upaya ini sebagai program pemerintah dalam fasilitasi masyarakat yang hendak mudik maupun balik lebaran.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekalongan, M Restu Hidayat, Senin (1/4/2024) menyampaikan, Dua armada bus dengan kapasitas 50 orang penumpang disiapkan dengan tujuan akhir dan keberangkatan dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

”Kami fasilitasi orang yang hendak mudik dari Jakarta ke Pekalongan yang berangkat dari TMII pada 6 April 2024, yang dikoordinir oleh Kemenhub RI bersama Pemprov Jateng. Jadi semua pemudik dari Jateng yang menggunakan fasilitas ini diberangkatkan secara serentak, termasuk untuk yang ke Pekalongan,” katanya.

Ditambahkan Restu, Sebelumnya pada tanggal 5 April 2024, Bus akan mengangkut penumpang dari Pekalongan dengan tujuan Jakarta. ”Jadi bus berangkat ke Jakarta terlebih dulu, baru nanti mengangkut pemudik Pekalongan yang dari Jakarta sehari setelahnya,” tandasnya.

Ditambahkan, Hasil pantauan Kemenhub RI, lonjakan arus mudik diprediksi terjadi pada Hari Jumat-Sabtu, 5-6 April 2024.
Pada tanggal 5 April juga akan diberlakukan sistem One Way (Satu Jalur) dari tol Cipali hingga tol Kalikangkung. Sehingga, kendaraan menuju Jakarta akan diarahkan lewat pantura, sementara kendaraan dari Jakarta menuju sejumlah wilayah di Jawa Tengah akan diarahkan lewat tol.

Senada Kepala Terminal Tipe A Pekalongan, Senewan, Antisipasi lonjakan masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor. Kementerian Perhubungan juga menggelar Program Angkutan Mudik Gratis Lebaran 2024.

“Program Mudik Gratis Lebaran 2024 ini, Pemerintah DKI Jakarta juga menyediakan 8 Armada Bus untuk tujuan ke Pekalongan. Sedangkan untuk tujuan sejumlah daerah di Provinsi Jawa Tengah disediakan 200 Armada Bus oleh Kementrian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia,”Pungkasnya.

(RKS/Teddy).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button