Instansi

Apel Siaga Pengawasan Pemilu Lanjut Tanam Mangrove di Siwalan

Bawaslu Kabupaten Pekalongan memberikan apresiasi kepada Panwaslu Kecamatan Siwalan yang telah melaksanakan kegiatan Apel Siaga pada Minggu, (11/02/2024) di Wisata Pantai Depok, Siwalan.

Apel Siaga yang digelar Panwaslucam Siwalan tergolong unik dibanding wilayah lain. Selesai apel siaga bersama Pengawas Pemilu Desa dan Pengawas TPS, kegiatan dilanjutkan dengan menanam ratusan pohon mangrove di wilayah tersebut. Hal itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian jajaran pengawas pemilu terhadap lingkungan.

Ketua Bawaslu Mohamad Tohir mengatakan, penanaman pohon mangrove bertujuan untuk mencegah terjadinya abrasi di pantai depok. Wilayah tersebut merupakan wilayah di Kabupaten Pekalongan yang terkena dampak abrasi dan banjir rob.

“Selain merawat demokrasi, Bawaslu juga merawat lingkungan. Dengan melarang pasang APK di pohon, tanam mangrove di sini,” ujar Tohir.

Tohir berharap pihaknya bisa ditiru di wilayah lain yang terdampak bencana dengan melakukan aksi nyata. Menurutnya penyelenggaraan pemilu turut dipengaruhi oleh kondisi geografis seperti bencana banjir, rob, dan longsor. Di Kabupaten Pekalongan termasuk wilayah dengan kondisi tersebut.

“Semoga dengan aksi ini bisa bermanfaat untuk alam dan masa depan demokrasi kita,” pungkasnya.
Ketua Panwascam siwalan Taufiq Adnan mengajak kepada seluruh jajaran pengawas se Kecamatan Siwalan untuk fokus pengawasan di masa tenang dan proses pungut hitung. Untuk Pengawas TPS datang saat hari H datang di TPS pukul 06.30 dan mengikuti seluruh proses yang ada dengan cermat.

Penulis : Fiki

“Saat Hari H nanti fokus pengawasan di masa tenang, datang jam setengah tujuh. Jangan telat dan ikuti semua proses sampai akhir,” kata Taufik.
Taufik juga meminta jajarannya untuk menjaga integritas serta melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Dan yang paling penting adalah juga menjaga kesehatan.
Selain dihadiri oleh forkompimcam, Tohir juga didampingi oleh Kordiv SDMO dan Diklat M Anis Sofwan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button