InstansiPendidikan

Tekan Penurunan Stunting, Dinas P3A PPKB Kabupaten Pekalongan Gandeng Insan Pers

Kajen – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3A PPKB) Kabupaten Pekalongan menggelar Rapat Koordinasi percepatan penurunan stunting bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Insan Media Massa. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Indonesia Syariah, Desa Kulu Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan pada Selasa pagi (12/12).

Disampaikan oleh Kepala Dinas P3A PPKB dr. Eko Wigiantoro M.Kes menyampaikan bahwa rapat koordinasi kali ini bertujuan untuk menjalin sinergitas dengan insan media agar informasi yang berkaitan dengan stunting bisa sampai kepada masyarakat secara efektif.

“Media itu kalau di pentahelix itu termasuk unsur yang kelima. Diantaranya yang pertama adalah Pemerintah (OPD), Bidang Usaha, Bidang Pendidikan, Lembaga Swadaya Masyarakat, Masyarakat dan yang terakhir adalah media. Harapannya di tahun 2024 nanti informasi dan edukasi kepada masyarakat itu lebih intens lagi sehingga pengenalan stunting kepada masyarakat bisa lebih meningkat,” Ucap Eko.

Eko Wigiantoro juga menambahkan bahwa berdasarkan dari arahan sekretaris daerah M. Yulian Akbar S. Sos, M. Si, harapannya angka stunting di Kabupaten Pekalongan bisa menembus angka single digit.

Kabid PPKB (Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana) Fatiroh, S.P, M.M juga menuturkan saat ini angka stunting di Kabupaten Pekalongan terdapat dua versi. Pertama berdasarakan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) stunting di Kabupaten Pekalongan masih di angka 23,5 persen. Berbeda versi jika menurut Aplikasi elektronik-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis masyarakat (e-PPGBM) angka stunting di kabupaten Pekalongan 10,58 persen.

“Ini ada sebuah paradigma yang saling bertentangan. Sehingga harapannya untuk e-PPGBM untuk update setiap bulannya dan SSGI yang merupakan survei tahunan, akhir tahun ini juga untuk bisa segera di perbarui dan kami berharap ketika sudah di perbarui angka prevalensi stunting-nya mengalami penurunan,” Harap Fatiroh.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pekalongan Triyono menyambut baik upaya dari Dinas P3A PPKB Kabupaten Pekalongan yang sudah mengajak rekan-rekan media untuk bersinergi dalam rangka percepatan stunting. Sehingga harapannya setelah adanya rapat koordinasi ini kedepan informasi yang berkaitan dengan stunting bisa lebih efektif tersampaikan kepada masyarakat selaku tugas utama dari insan media.

Penulis : Reza

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button