Human InterestInstansiTak Berkategori

Bupati Optimis Bantuan Rice Mill Listrik Akan Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Kajen- Bupati Pekalongan Fadia Arafiq optimis dengan adanya bantuan Rice Mill Listrik dan Lumbung Padi dan Ruang Serbaguna bantuan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) kepada dalam Kelompok Tani Rukun Karya di Desa Sangkanjoyo, Kecamatan Kajen akan bisa meningkatkan kesejahteraan petani.
Demikian disampaikan Bupati Pekalongan Fadia Arafiq saat menghadiri kegiatan seremonial penyerahan bantuan dari PT. PLN Unit Pelaksana Pelanggan (UP3) Pekalongan di Desa Sangkanjoyo, Selasa (7/11/2023).


Dalam kegiatan tersebut hadir Ketua Dekranasda Pekalongan Muhtarudin Ashraff Abu, Kepala PLN Unit Pelaksana Pelanggan (UP3) Pekalongan Triyono, para Kepala OPD, Forkompimcam Kajen, para Kepala Desa serta warga.
Dikatakan bupati, dengan adanya bantuan ini harapannya akan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya di Desa Sangkanjoyo dan sekitarnya yang sebagian warganya merupakan petani.
“jika tidak ada lumbung padi dan tempat pengolahannya, maka hasil pertanian khususnya padi akan dijual murah oleh petani. Sehingga untuk menutup pengeluaran saja tidak cukup,” katanya.


Adanya bantuan ini, lanjutnya, petani bisa menjual padi disaat harganya bagus, jadi tidak terburu-buru menjual ketika mereka panen.
“dan tidak dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, dimana para petani yang bekerja keras supaya bisa mendapatkan untung yang besar bukan para oknum. Adanya bantuan ini para petani akan meningkat ekonominya,” ujarnya.


Kades Sangkanjoyo, Rudi Hartono dalam sambutannya melaporkan bahwa mayoritas penduduk Desa Sangkanjoyo adalah petani dan luas lahan pertanian di desa tersebut sekitar 148 hektare.
“bantuan ini sangat membantu sekali karena setiap tahunnya warga panen 3 kali dan hampir selalu kesulitan dalam hal penggilingannya dan kebanyakan warga menjual dalam bentuk gabah, karena sebelumnya belum mempunyai fasilitas pendukung” tuturnya.


Dirinya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Pekalongan yang hadir secara langsung beserta Ketua Dekranasda dan juga kepada PLN yang telah membantu.
“semoga dengan danya bantuan Rice Mill Listrik dan Lumbung Padi dan Ruang Serbaguna ini bisa menambah kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button