InstansiPendidikan

Kakankemenag turun ke madrasah, Pastikan Kesiapan Asesmen Bakat Minat

Kajen- Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pekalongan, H Imam Tobroni melakukan kunjungan ke MTsN 2 Pekalongan dalam rangka Monitoring Persiapan Asesmen Bakat dan Minat (ABM) Siswa MTs di Tahun 2024.

Kunjungan langsung ini bertujuan untuk memastikan madrasah benar-benar siap melaksanakan Asesmen Bakat Minat yang tahun ini baru diterapkan di jenjang MTs yang diperuntukkan khusus bagi siswa kelas 9 (kelas akhir), oleh Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Kabupaten Pekalongan alhamdulillah 100 persen MTs akan melaksanakan ABM ini.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pekalongan

Dalam arahannya H Imam Tobroni menyampaikan bahwa tujuan ABM tersebut adalah untuk memberikan informasi ke Siswa, Sekolah/Madrasah/Orang Tua mengenai potensi siswa tersebut pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur “diharapkan dapat membuat arah pengembangan dirinya secara lebih jelas dan terencana sehingga dapat memprediksi kemampuan siswa jika mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru,” katanya.

Adapun aspek yang di asesmen adalah aspek minat berupa: minat dasar, minat metodis dan minat praktis, sedangkan aspek bakat terdiri atas bakat verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanika, bahasa dan klerikal.

H. Imam Tobroni menyampaikan bahwa hasil pantauan persiapan pelaksanaan ABM di MTsN 2 ini berlangsung aman, tertib dan terkendali, ia berharap tujuan dan manfaat ABM tersebut dapat dicapai dengan maksimal

Sementara itu, Imam Sayekti Kepala MTsN 2 Pekalongan, menuturkan bahwa hari ini menjelang pelaksanaan simulasi pada tanggal 15 dan 16 Februari kelak alhamdulillah berkat arahan dari seksi Penma dan kerja keras tim proktor operator di madrasah kami, maka keikutsertaan peserta didik dalam ABM bisa maksimal 100 persen.
“Saya ucapkan terima kasih atas perhatian yang sangat luar biasa dari Kakankemenag dan mohon do’a agar ABM di madrasahnya berjalan lancar sukses serta madrasahnya semakin maju apalagi MTsN 2 Pekalongan termasuk Madrasah riset di Kabupaten Pekalongan,” jelasnya.

Adapun Pelaksanaan ABM di MTsN 2 sendiri memilih tanggal 19 sampai 22 Februari 2024.

Penulis : Fiki

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button