Tak Berkategori

Songsong Pemilu 2024, Rutan Pekalongan Bentuk Satgas Netralitas ASN dan PPNPN

PEMILU – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Pekalongan membentuk dan mengukuhkan Satuan Tugas (Satgas) Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) pada Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024,berlangsung di Aula Rutan setempat, Senin (29/1/2024). Pengukuhan ini ditandai dengan penyematan badge “Satgas Netralitas ASN” oleh Kepala Rutan, Sastra Irawan.

Satgas Netralitas ASN dan PPNPN

Pembentukan dan pengukuhan Satgas tersebut juga dilakukan bersamaan dengan apel yang diselenggarakan secara terpusat oleh Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah (Kanwil Kumham Jateng) secara hybrid yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (KaKanwil) Jawa Tengah, Tejo Harwanto dan diikuti oleh seluruh jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kemenkumham Jawa Tengah.

Usai pengukuhan, Karutan Kelas IIA Pekalongan, Sastra Irawan berpesan kepada seluruh peserta apel baik ASN maupun ASN dan PPNPN untuk selalu menjaga netralitas dan pedoman ini harus selalu dipatuhi dan dilaksanakan secara bijak serta penuh rasa tanggung jawab.

“Rutan Kelas IIA Pekalongan pada hari ini mengukuhkan 13 orang untuk menjadi Satgas Netralitas ASN dalam menyongsong Pemilu 2024,”ucapnya.

Karutan Sastra menekankan, menjaga Integritas sebagai ASN ini menandakan bukti netralitas yang harus dipegang teguh oleh para pegawai Rutan Kelas IIA Pekalongan dalam menyikapi kontestasi pesta demokrasi 2024.

“Selalu jaga netralitas, buktikan bahwa kita memang netral dan mengawal Pemilu 2024 ini dengan serius. Ini amanat negara,” tegas Sastra kepada para Satgas Rutan yang baru dilantik.

Sastra menyebutkan, Satgas Netralitas ASN di Rutan Pekalongan terbagi dalam 2 tim, dimana setiap tim terdiri dari Ketua tim dan diikuti 4 anggota. Nantinya, mereka memiliki tugas diantaranya memastikan seluruh pegawai sudah mendapatkan sosialisasi netralitas ASN dan PPNPN pada pemilu Tahun 2024; memastikan seluruh pegawai di satuan kerja Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Pekalongan telah menandatangani Ikrar Netralitas ASN dan PPNPN pada Pemilu Tahun 2024; melakukan kerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan pembinaan pegawai; melakukan langkah-langkah pembinaan lain yang diperlukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; mengidentifikasi titik-titik rawan terjadinya pelanggaran netralitas pegawai pada setiap tahapan penyelanggaraan Pemilu dan Pemilihan sesuai dengan yang tercantum pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum tentang Tahapan Pemilu dan Pemilihan.

“Mereka berperan dalam melakukan pengawasan terhadap pegawai sebelum, saat dan sesudah masa Pemilu dan Pemilihan agar tetap menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku; melakukan penegakan kode etik atau disiplin Pegawai Negeri Sipil berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan terhadap pelanggaran netralitas ASN dan PPNPN; melakukan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan netralitas ASN dan PPNPN baik melalui media sosial ataupun media lainnya; dan menyampaikan laporan hasil monitoring dan evaluasi kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah melalui Divisi Administrasi secara periodik 6 (enam) bulan sekali,”pungkasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button