Hukum dan KriminalInstansi

Bawaslu Tertibkan Alat Peraga Kampanye Yang Melangar

Kajen- Banyaknya Alat Peraga kampanye (APK) yang dipasang oleh peserta pemilu yang tidak sesuai aturan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pekalongan bersama Satpol PP Kabupaten Pekalongan menertibkan APK Pemilu 2024 yang melanggar.

Adapun APK yang melanggar diantaranya, yang ditempel di tiang listrik, tiang lampu, tiang Telkom, dipaku di pohon, dipasang di jembatan. Dalam kegiatan penertiban, Bawaslu menerjunkan dua tim yang disebar untuk menertibkan APK melanggar di 19 kecamatan di Kabupaten Pekalongan.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Kusuma Wijaya mengatakan, penertiban dilaksanakan serentak di 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Pekalongan, dengan melibatkan Panwascam, PKD, koordinasi dengan kasi trantib dan Satpol PP serta Polsek dan Koramil.

“Dalam penertiban APK itu, kami membagi dua tim. Tim pertama menyisiri sepanjang wilayah Karanganyar, Wonopringgo, Tirto, Karangdadap, Talun dan Doro. Tim dua bergerak di wilayah Kajen, Kesesi, Sragi, Siwalan, Wiradesa, Wonokerto dan Bojong,” jelasnya.

Wijaya, menambahkan, sebelum kegiatan penertiban, Bawaslu Kabupaten Pekalongan sudah memberikan imbauan kepada peserta pemilu untuk menertibkan secara mandiri APK yang melanggar.

“dari hasil inventarisir yang dilakukan jajaran kami ada sebanyak 2.892 APK yang melanggar,” katanya, Rabu 17 Januari 2024.

Kabid Tibum Tramas Satpol PP Kabupaten Pekalongan, Sunarso menambahkan, Semua APK yang melanggar akan di tertibkan bersama-sama. Seperti APK yang dipasang melintas di atas jalan, dipaku di pohon, di jembatan atau fasilitas umum lainnya yang tak sesuai ketentuan

“adanya pelanggaran pemasangan APK akan dilakukan penertiban sesuai Perda Tibum Nomor 2 Tahun 2012,” paparnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button