Instansi

UPTD BLK DINKOP UKM DAN NAKER Buka 5 Gelombang Pelatihan Kerja

Kajen – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja Kabupaten Pekalongan melalui UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) membuka kembali pelatihan kerja yang dibagi dalam 5 gelombang. “ sesuai dengan tugas dan wewenang BLK, kami menyelenggarakan pelatihan – pelatihan berbasis kompetensi bagi masyarakat secara gratis bagi masyarakat kabupaten Pekalongan dan sekitarnya, karena pelatihan ini bersumber dana dari kementrian Tenaga Kerja dan juga dari APBD.” Kata Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Naker Dra. Siti Masruroh M.Si. saat diwawancarai di kantornya, kamis (11/1/2024) Siang.

Lebih lanjut Dra. Siti Masruroh M.Si mengatakan sumber dari dana APBN, pelatihan pada gelombang 1 yang menyediakan sebanyak 5 program pelatihan antara lain Practical office advanced, menjahit dengan mesin lockstich, front office, Pengelolaan administrasi perkantoran, dan plate welder 3G UP/PF.

Pendaftaran tanggal 8 januari – 16 januari 2024 dan pelaksanaan pada tanggal 22 januari 2024 hingga selesai. Gelombang 3 ada enam pelatihan kerja meliputi pembuatan roti dan kue, teknisi instalasi tenaga, multimedia, pengelolaan administrasi perkantoran, menjahit pakaian wanita dewasa, dan servise sepeda montor injeksi. Pendaftaran 18 maret – 23 april 2024 dan pelaksanaan tanggal 29 april 2024.

Dan pada gelombang 5 ada pelatihan kerja fillet welder SMAW 2F/PB, Barista, menjahit pakaian dengan mesin, menjahit pakaian wanita dewasa, pemasangan instalasi listrik bangunan sederhana dan pemeliharaan kendaraan ringan system injeksi. Pendaftaran 3 juni hingga 3 juli 2024, dan pelaksanaan tanggal 8 juli 2024.

“ untuk pendaftaran dengan APBN ini yang pertama siapkan berkas-berkan pendaftaran seperti soft dan hard copy ijazah terakhir, KTP, KK, kartu AK 1, dan pas foto background warna merah, juga mempunyai akun di www.siapkerja.kemnaker.go.id, mendaftar online di www.bit.ly/blk_kabpekalongan, jangan lupa uplod file tadi sekitar 500kb cetak dan simpan bukti pendaftaran dan jangan lupa isi biodata di www.s.id/biodatapendaftar.” Katanya.

Sedangkan pada sumber dana pelatihan dari APBD meliputi gelombang 2 yang menyelenggarakan pelatihan menjahit, tata rias pengantin, pembuatan roti dan kue, teknik listrik, dan otomotif di buka pada tanggal 8 januari hingga 31 januari 2024 nanti pelaksanaan pada tanggal 5 februari 2024 hingga selesai, gelombang 4 ada pelatihan menjahit, barber, barista, teknik las dan merias wajah yang pendaftaran pada tanggal 1 april 2024 hingga 6 mei 2024 dan pelaksanaan tanggal 13 mei 2024.
“untuk pendaftaran siapkan foto copy ijazah terakhir, KK dan KTP, kartu AK1 foto bacgroun merah ukuran 3 X 4 nanti berkas itu di uplod untuk pendaftaran.” Lanjutnya.

Untuk tempat pendaftaran dan pelatihan ada di Kantor Dinas Koperasi UKM dan Naker UPTD BLK jl. Pahlawan KM. 5 Ds Rowolaku Kec. Kajen atau sebelah selatan UIN GUSDUR. “ Setelah selesai mengikuti pelatihan, peserta pelatihan diharapkan mampu mempraktikan ilmu keterampilan yang diperoleh sehingga dapat diterima kerja atau berwirausaha mandiri.” Harapnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button