Pendidikan

Tingkatkan Minat Baca Dan Menulis, UMPP Adakan Kelas Literasi Batch 2

Kajen – Dalam rangka meningkatkan minat baca dan ketrampilan dalam menulis karya ilmiah mahasiswa, Perpustakaan Universitas Muhamamdiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) menyelenggarakan kegiatan kelas literasi batch ke 2, yang mengangkat tema Citation dan Paraphrase Technique untuk menghindari Plagirism, Kamis, (28/12/2023), di Ruang Baca Perpustakaan Pusat Gedung Rektorat UMPP lantai 2.

Kepala Perpustakaan UMPP, Dr. Usamah, S.E., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa perpustakaan pada era sekarang berbeda dengan dahulu. “Salah satu perbedaannya antara lain di era sekarang adanya kemajuan teknologi informasi yang memudahkan pemustaka dalam menjangkau perpustakaan.

Perpustakaan UMPP memiliki banyak layanan yang memanjakan pemustaka, diantaranya adalah layanan “KLIK” yaitu layanan sekali klik pemustaka dapat mengunjungi dan menjangkau layanan yang ada di perpustakaan seperti mencari buku, jurnal, karya ilmiah dan lainya”, kata Usamah.

Kelas literasi diikuti oleh mahasiswa aktif UMPP semester 2 sampai dengan semester 8, dari tiga fakultas yang ada yaitu, Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer (FASTIKOM), Fakultas Kesehatan (FIKES) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Mereka hadir dan berkumpul untuk mendalami kemahiran dalam menyusun karya ilmiah.

Dalam kelas literasi tersebut, tidak hanya menyajikan informasi tentang teknik merangkai frasa dan kata, tetapi juga membahas secara mendalam tentang pentingnya kampanye anti plagiarisme. Peserta kelas literasi aktif terlibat dalam diskusi, di mana mereka diberi kesempatan untuk bertanya konsep-konsep yang telah dan belum dipelajari.

Salah satu pemateri kelas literasi Eka Budiarto, memberikan wawasan yang berharga kepada peserta, membagikan strategi untuk menghindari plagiarisme dengan cara memperbanyak kosa kata, kata-kata diksi, sinonim dengan cara memperbanyak referensi dan tentu yang paling terpenting adalah terus belajar dan mempraktekannya, sehingga, para peserta tidak hanya belajar bagaimana menggunakan parafrase secara efektif, tetapi juga memahami nilai integritas dan etika akademis yang penting dalam dunia literasi.

Kelas literasi tersebut berhasil menciptakan lingkungan yang kolaboratif, di mana peserta merasakan manfaatnya langsung. Dengan demikian, keberhasilan acara ini dibuktikan dengan meningkatnya literasi dan kesadaran anti plagiarisme.

Hal ini merupakan langkah penting dalam mengembangkan keterampilan menulis yang berkualitas di kalangan mahasiswa dan civitas akademika UMPP. Salah satu peserta, Dila Rahma Dewi, mengaku senang sekali bisa mengikuti kelas literasi perpustakaan UMPP tersebut yang materi relefan dengan dirinya yang akan menempuh tugas akhir.

Penulis : Dimas

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button