Kesehatan

Stok Darah di PMI Kab. Pekalongan Menipis, Warga Dihimbau untuk Aktif Donor Darah

Kajen – Stok darah yang tersedia di Gedung PMI Kabupaten Pekalongan menipis hal ini diutarakan oleh Kepala UDD PMI Kabupaten Pekalongan Suryadi, Ketika ditemui di kantor UDD PMI Kab. Pekalongan.

“Stok darah di PMI menjelang tahun baru ini agak menipis dikarenakan kebutuhan di Rumah Sakit Meningkat”. Bahkan pihaknya menyatakan bahwa di bulan Desember ini sudah melakukan konsolidasi dengan UDD PMI di daerah lain, seperti Kab. Batang, Kab. Purbalingga, dan Kab. Banjarnegara.

“Pada menjelang tahun baru ini kegiatan mobile unit PMI berkurang, akan tetapi pada prinsipnya masyarakat harus pro-aktif dalam menggalang donor darah. Akan tetapi perolehan darah belum begitu maksimal karena terkendala cuaca atau kondisi hujan” Ungkap Suyadi.

Walaupun PMI sudah melakukan berbagai upaya seperti melaksanakan mobile unit donor darah di pagi hari agar menghindari potensi terjadinya hujan akan tetapi masih belum maksimal dalam perolehan, Sambungnya.

Suryadi berharap untuk tahun depan UDD PMI Kab. Pekalongan akan mengusahakan untuk memenuhi stok darah bagi rumah sakit atau perorangan yang membutuhkan, serta pihaknya akan meningkatkan kualitas pelayanan.

PMI Kab. Pekalongan sendiri pada tahun 2024 akan melakukan akreditasiberkaitan dengan layanan Unit Donor Darah sesuai dengan permenkes bahwa Unit Donor Darah harus melakukan akreditasi.Rep. Jamal.

Penulis : Jamal

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button