Instansi

Kabupaten Pekalongan Raih Penghargaan Peduli HAM

Semarang: Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) sebagai  Kabupaten/ Kota Peduli HAM tahun 2023

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana untuk Peringati Hari HAM se-dunia ke -75 di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Kamis (28/12/2023).

Penghargaan diterima langsung oleh Asisten III Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Pekalongan, Anis Rosidi SSos MSi, mewakili Bupati Pekalongan Hj Fadia Arafiq SE MM.

“Untuk penilaian penghargaan ini dilihat berdasarkan pemenuhan aspek hak sipil, hak politik,  serta hak ekonomi dan sosial budaya. Nilai yang diraih Kabupaten Pekalongan 87,15 dari 100 total nilai,” terang Anis.

Pada acara tersebut, Disampaikan PJ Gubernur Jateng, Nana Sudjana, Penghargaan tahun ini dinilai istimewa dibanding tahun sebelumnya. Sebab,  Jateng menjadi provinsi penerima penghargaan dengan jumlah kabupaten/kota terbanyak berpredikat peduli HAM. 

Dari 35 kabupaten/ kota di Jateng, ada 34 kabupaten/ kota yang sudah memenuhi kepedulian terhadap HAM salah satunya Kabupaten Pekalongan.

” Yang mendapatkan penghargaan salah satunya, Kabupaten Pekalongan yang mendapatkan penghargaan 34 Kabupaten / Kota terbaik, ini terkait dengan pembinaan dan pengembangan P5 (penghormatan, perlindungan, pemajuan, penegakan, dan pemenuhan) HAM,” kata Nana usai menerima penghargaan. 

Himbauannya, Kabupaten/ Kota yang sudah mendapatkan penghargaan ini  akan terus berkomitmen meningkatkan prestasi yang sudah diraih, yaitu bekerja sama dengan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jateng. “Ke depan, kita harapkan agar masyarakat khususnya di Jateng dan umumnya di Indonesia, akan semakin memahami dan semakin melaksanakan HAM,” harapnya.

Penulis : Teddy

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button