Instansi

Natal 2023, Satu Narapidana Lapas Pekalongan Dapat Remisi Khusus

HUKUM : Satu Orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekalongan mendapat remisi khusus Hari Raya Natal Tahun 2023, Senin (25/12/2023). Penyerahan remisi khusus hari raya Natal diserahkan langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIA Pekalongan, Asih Widodo di Aula Lapas Kelas IIA Pekalongan.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Lapas Kelas IIA, Asih Widodo membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI. Selain itu beliau juga berpesan kepada warga binaan untuk selalu berperilaku baik dan aktif dalam mengikuti program pembinaan agar nanti hak-hak mereka dapat diberikan dengan semestinya.”Pada hari Raya Natal Tahun ini, Lapas Kelas IIA Pekalongan hanya satu orang warga binaan Pemasyarakatan ( WBP) yang mendapatkan remisi dari sebanyak 4 orang narapidana Nasrani, yang 3 orang belum memenuhi syarat, potongan tahannya sebanyak satu bulan,” terang Asih.

Dijelaskan, Warga Binaan yang mendapat remisi khusus hari Natal ini adalah mereka yang telah menjalankan lebih dari separuh masa tahanan dan berkelakuan baik selama menjalani masa pidana dan aktif dalam mengikuti pembinaan sehingga ia berhak mendapatkan remisi pada Natal Tahun 2023 ini.

“Pemberian remisi ini sesuai dengan Undang Undang Nomor 22 tahun 2022 tentang Pemasyarakatan,” jelas Kalapas.Rekapitulasi perolehan Remisi Khusus Hari Raya Natal Tahun 2023 pada Lapas Kelas IIA Pekalongan mencatat, Jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) saat ini sebanyak 219 orang, 4 orang merupakan umat Nasrani.

Satu orang WN (35) mendapatkan remisi dengan besaran remisi satu bulan, Satu orang tidak memenuhi syarat substantif dan Dua orang lainya direkomendasikan remisi susulan.

“Pemberian remisi kepada narapidana ini merupakan upaya yang dilakukan untuk mendorong narapidana menyadari, mengubah perilaku dan meningkatkan kualitas diri agar dapat menjadi lebih baik, bermanfaat bagi masyarakat luas serta dapat berperan dalam pembangunan,” pungkas Asih Widodo.

Penulis : Teddy

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button