Instansi

Optimalkan Peran Media, Bawaslu Gelar Rapat Kehumasan Dengan Para Wartawan

Kajen- Guna optimalisasi peran media dalam menciptakan pemilu 2024 yang damai dan aman, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pekalongan mengadakan kegiatan rapat kehumasan dengan mengundang para awak media yang bertugas di Kota Santri.

Dalam kegiatan tersebut juga ditandatangani nota kesepahaman bersama antara Bawaslu Kabupaten Pekalongan dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pekalongan tentang Peran Media Dalam Pengawasan Pemilu 2024.

Kegiatan dibuka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Pekalongan M. Thohir dan dipandu oleh Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Budi Nur Hadi Wibowo dan menghadirkan nara sumber Peneliti dan Koordinator Survei Politik dan Kepemiluan Andi Eswoyo.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pekalongan M. Thohir mengatakan, sebagaimana diamanatkan UU Pemilu, Bawaslu memiliki tugas untuk mengawasi seluruh tahapan proses penyelenggaraan pemilu.
“kami menyadari peran media massa cukup penting dalam hal penyampaian informasi terkait Pemilihan Umum baik dari proses, edukasi pemilih hingga informasi terbarunya,” terangnya, Jumat (22/12/2023).

Oleh karena itu, lanjutnya kenapa kegiatan ini menjadi penting dilakukan dengan mengajak awak media untuk ikut serta dalam pengawasan pertisipatif. “Dalam rangka peningkatan proses penyelenggaraan pemilu yang demokratis salah satu upaya yang dilakukan adalah membangun kemitraan dengan stake holder yang ada salah satunya adalah insan pers sehingga pesan dari pelaksana Pemilu ataupun Pengawas Pemilu akan benar-benar dapat tersampaikan ke masyarakat umum,” ujarnya.

Hal senada dikatakan, Ketua PWI Kabupaten Pekalongan Triyono, menurutnya sinergitas antara Bawaslu-Media perlu dibentuk apalagi pada masa kampanye seperti saat ini diperlukan pemberitaan yang mendidik agar pemilu berlangsung aman dan kondusif.

“kita sebagai salah satu unsur masyarakat juga mempunyai kewajiban untuk menciptakan pemilu 2024 yang damai dan kondusif. Agar pemilu berjalan dengan aman dan bisa menghasilkan pemimpin yang baik,” terangnya.

Sementara itu, Andi Eswoyo selaku naras umber mengatakan, kehumasan Bawaslu adalah lembaga yang melakukan fungsi manajemen dalam bidang informasi dan komunikasi yang persuasif, efektif, dan efisien untuk menciptakan hubungan yang harmonis dengan Masyarakat/ publik.
“salah satu hal yang muncul dalam kegiatan Pemilu adalah penyebaran informasi yang masih melalui media online, sehingga peran media menjadi penting, khususnya untuk mengcounter informasi hoax dan juga sarana edukasi dan pengawasan terhadap Masyarakat,” paparnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button