Hukum dan KriminalInstansi

Bupati Harap Program ZChicken Baznas Bisa Berkembang

Kajen- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan bantuan program usaha Zakat Chicken (ZChicken) untuk memberdayakan puluhan mustahik yang tersebar di Kabupaten Pekalongan.

Peluncuran program ZChicken dilakukan oleh Bupati Pekalongan Fadia Arafiq di Pendopo Bupati, Rabu (20/12/2023) dihadiri Pengurus Baznas, perwakilan OPD, Kepala Kemenag, ketua organiasasi agama serta penerima bantuan.
Selain memberikan bantuan ZChicken, Baznas Kabupaten Pekalongan juga mentasyarufkan zakat produktif kepada penerima manfaat serta bantuan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Pekalongan mengaku senang sekali kepada Baznas yang sudah banyak membantu masyarakat, salah satunya melalui program ZChicken ini. Dirinya menegaskan siapapun yang dapat bantuan ini harus berkembang dan ada pemantauan dan penyuluhan di lapangan.
“jadi harus berkembang, tidak malah menunggu dapat bantuan lain. Dan kedepannya harus bisa memberikan bantuan kepada orang lain, sehingga banyak masyarakat yang tertolong,” terangnya.

Bupati menjelaskan, para penerima bantuan ZChicken selain dikasih outletnya juga dikasih modal serta diberi pelatihan sehingga kalau tidak maju keterlaluan.
“anda ini termasuk orang yang beruntung, harus bisa berkembang, ikuti pelatihan yang bener dan jika tidak tahu tanya,” ujar Fadia.
Dalam kesempatan tersebut, Bupati Fadia juga mengucapkan terimakasih kepada Kemenag yang telah memberikan zakatnya kepada Baznas sehingga bisa memberikan manfaat untuk orang banyak.
“kita juga akan mengoptimalkan zakat dari seluruh ASN yang ada di Kabupaten Pekalongan sehingga akan lebih besar dan lebih banyak yang ditolong,” terangnya.

Ketua BAZNAS Kabupaten Pekalongan, Muhtarom mengungkapkan Program ZChicken ini merupakan program pemberdayaan ekonomi mustahik di bidang kuliner berupa produk ayam crispy. ZChicken dijual dengan konsep outlet gerobak dengan harga yang terjangkau sehingga dapat dinikmati semua kalangan.
“Mustahik juga membentuk kelompok usaha yang membangun jaringan distribusi serta mengontrol kualitas produk baik dari rasa, promosi, dan pelayanan.,” tuturnya.

Baznas Kabupaten Pekalongan, lanjutnya, menyelenggarakan program ZChicken dengan tujuan mustahik/penerima manfaat yang telah lolos seleksi dapat mengikuti seluruh kegiatan pada program ZChicken dimulai dari pemberian pelatihan soft skill berupa pelatihan manajemen usaha kemudian dilanjutkan dengan pelatihan hard skill berupa praktik langsung pembuatan ayam goreng ZChicken.

“Selanjutnya para mustahik ini diberikan modal berupa gerobak dan seperangkat peralatan masak serta modal kerja untuk memulai usaha penjualan ayam goreng ZChicken di lokasi yang sudah ditentukan oleh para penerima manfaat. Kemudian dalam kurun waktu tiga bulan akan terjadi evaluasi perkembangan usaha dimana para mustahik dituntut untuk berdagang dan mengambil keuntungan agar usaha tersebut dapat berjalan secara mandiri,” jelasnya.

Penulis :Fiki

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button