Instansi

Wakili Bupati, Sekda Buka Porseni 2023 PC IPNU Dan IPPNU Kabupaten Pekalongan

Doro- Bupati Pekalongan Fadia Arafiq melalui Sekretaris Daerah M. Yulian Akbar membuka Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) 2023 Pimpinan Cabang IPNU Dan IPPNU Kabupaten Pekalongan, Minggu (17/12/2023).

Acara pembukan dilaksanakan di Lapangan Desa Bligorejo Kecamatan Doro. Adapun kegiatan Porseni berlangsung dari tanggal 15-30 Desember 2023 dengan mempertandingkan 47 nomor cabang perlombaan dan melibatkan total 3.265 peserta/atlit yang bertanding.

Bupati dalam sambutanya yang dibacakan Sekda menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Pekalongan, memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran panitia pelaksana kegiatan Porseni 2023 Pimpinan Cabang IPNU Dan IPPNU Kabupaten Pekalongan, yang telah menginisiasi serta menyelenggarakan kegiatan positif ini.
“Mudah-mudahan, melalui kegiatan ini, dapat kita jadikan sebagai sarana konsolidasi, adu bakat, kreativitas, dan prestasi anak-anak kita para pelajar di Kabupaten Pekalongan ini,” katanya.

Dirinya juga melihat bahwa Porseni ini, merupakan kegiatan yang bernilai penting dan strategis, karena dapat kita jadikan sebagai salah satu indikator, bahwa masih berjalannya pembinaan dan pelatihan berbagai cabang olahraga dan juga kesenian disekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Pekalongan ini.
“Karena kami yakin, dengan rutinitas latihan dan kontinuitas event seperti ini, tidak menutup kemungkinan akan lahir anak-anak kita yang menjadi atlet dan seniman yang berprestasi dan berbakat yang bisa kita banggakan dimasa depan,” ujar bupati.

Dijelaskanya, salah satu tujuan pembangunan nasional saat ini adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia, meliputi peningkatan kualitas mental dan fisik, agar kedepannya kita memiliki generasi muda yang memiliki SDM berkualitas, fisik yang sehat, tangguh, tumbuh, berdaya dan berhasil guna. Kesemua itu tentunya, akan mampu diolah, salah satunya melalui kegiatan olahraga dan seni. Karena olah raga mampu mengajarkan kita banyak hal, tidak saja kekuatan fisik, akan tetapi juga skill, pemikiran, taktik, strategi, kesabaran, keuletan, kerja keras dan kerja tim. Sementara itu, seni mengajarkan kita tentang kreativitas, ketekunan, dedikasi, toleransi, penghargaan, rasa keindahan, serta keberanian untuk berinovasi.

“Oleh karenanya, pada pelaksanaan Porseni 2023 PC IPNU IPPNU ini, harus benar-benar kita manfaatkan sebagai sarana untuk tujuan pembentukan SDM berkualitas secara fisik dan mental, yang tujuannya untuk memperkuat karakter, meningkatkan persatuan dan persaudaraan, serta bertujuan untuk meningkatkan prestasi para pelajar di wilayah kita,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga mengajak dan menghimbau, sekaligus mengingatkan kepada seluruh peserta PORSENI 2023 PC IPNU DAN IPPNU agar senantiasa menumbuhkan bahkan memelihara rasa kebersamaan, sportivitas, menjunjung tinggi fair play, memperkokoh persatuan dan kesatuan. Dan yang tak kalah pentingnya, taati seluruh ketentuan dan peraturan pertandingan yang telah disepakati bersama.
“Kepada para wasit dan juri, kami berpesan, jalankan tugas dengan jujur, tegas dan objektif. Begitu pula untuk panitia penyelenggara, persiapkanlah lomba demi perlombaan pada kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab. Tidak lupa, kepada para hadirin lainnya yang menyaksikan setiap perlombaan, mari bersama-sama kita menjaga kebersihan, keamananan dan ketertiban selama penyelenggaraan event ini,” pungkas Fadia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button