Instansi

Jelang Pemilu, KPU Kabupaten Pekalongan Mulai Rakit Kotak Suara

Karanganyar- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan, mulai merakit kotak suara untuk Pemilu 2024, Senin (18/12/2023).

Perakitan dilakukan di Gudang KPU Kabupaten Pekalongan yang berada di Kecamatan Karanganyar. Total ada 50 tenaga yang disiapkan untuk merakit kotak suara tersebut.

Perlu diketahui, ukuran kotak suara yang sudah dirangkai memiliki panjang 40 cm, lebar 40 cm, serta tinggi 60 cm.

Sementara, bahan yang digunakan adalah karton dupleks yang kedap dan tahan air. Beratnya mencapai 2,26 kilogram. Jika diisi kertas suara, memiliki daya angkut antara 20 kg hingga 30 kg.

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Lailatul Izzah mengatakan, jumlah kotak suara yang ada di Gudang KPU saat ini 14.598 kotak suara yang datang beberapa hari sebelumnya.
“dengan tenaga yang kita siapkan 50 orang kita targetkan 3 hari selesai dengan target perhari 5.000 kotak suara yang terakit,” katanya.

Menurutnya, semua kotak suara yang tiba dicek terlebih dahulu oleh petugas KPU tentang kelayakannya sesuai spesifikasi teknis.

“sebelumnya kami memeriksa seluruh logistik yang sudah kami terima untuk memastikan bahwa logistik dalam keadaan baik,” katannya.

Izzah menambahkan, kotak suara yang sudah dirakit nantinya akan didistribusikan ke 2.912 tempat pemungutan suara (TPS) se-Kabupaten Pekalongan.

“Di mana, masing-masing TPS akan mendapatkan lima kotak suara. Kotak suara tersebut untuk menampung surat suara pemilihan presiden dan pemilihan anggota legislatif. Yakni, DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten, dan DPD provinsi,” ujarnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button