Instansi

Kunker Jokowi di Kabupaten Pekalongan Sambangi Petani Desa Kaibahan

Presiden Indonesia Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) hadir ditengah masyarakat dalam kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Pekalongan Rabu (13/12/23), meninjau para petani yang tengah menanam padi di Desa Kaibahan Kecamatan Kesesi. Tampak para petani sangat senang dengan hadirnya orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Setelah turun dari mobil Presiden disambut oleh Bupati Pekalongan Hj. Fadia Arafiq, S.E., M.M. , Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi, S.I.K, M.H dan pejabat lainnya. Dilanjut Presiden Jokowi berjalan menyusuri jalan persawahan menuju gubuk peristirahatan petani sembari meyapa para petani yang tengah menanam padi, tampak para petani sangat antusias menyambut kedatangan Presiden.

Presiden Jokowi duduk di gubuk tersebut dan berbincang-bincang dengan Bupati Fadia Arafiq, pejabat lain dan beberapa petani. Presiden Jokowi pada kunker di Desa Kaibahan Kecamatan Kesesi mengatakan, sekarang sudah memasuki musim hujan di provinsi, pihaknya ingin mendorong petani agar segera memulai menanam padi.

Karena waktu penanaman menjadi singkat disebabkan El Nino di Indoesia. Pihaknya mendorong petani agar cepat menanam padi yang harapanya di bulan maret atau April bisa panen.
“iya ini, karena hujan sudah mulai di banyak provinsi, kita ingin mendorong agar petani segera memulai menanam padi. Karena waktu kita kemarin kan el nino, agak mundur sedikit. Sehingga ini segera kita kejar agar tanam, tanam, tanam. Karena kita harapkan, nanti di bulan maret atau April kita sudah mulai panen” pungkas Jokowi.

Mengenai keluhan kelangkaan pupuk Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa permasalahan tersebut sudah diatasi oleh Menteri Pertanian yang turut hadir dalam kunker Presiden di Kabupaten Pekalongan.
Jokowi juga mengatakan petani sudah tidak mengeluhkan mengenai kelangkaan pupuk, tetapi jika kedepanya muncul permasalahan tersebut nanti akan diatasi Menteri Pertahanan. Kini untuk memperoleh pupuk subsidi juga tidak harus menggunakan Kartu Tani, menggunakan KTP juga bisa, tetapi hanya ditempat tertentu tidak untuk semuanya.

“sudah dijelaskan sama pak Menteri Pertanian, dan tadi juga tanya ke petani urusan pupuk saat ini tidak ada masalah, aman. Tapi tadi pak mentan sudah menyanggupi akan dibereskan semuanya” ungkap Jokowi.
Jokowi juga mengatakan target panen harus naik, karena beberapa waktu lalu panen sempat turun akibat El Nino. Stok padi di Bulog juga aman, terakhir masih ada 1,4 juta Ton.

Penulis : Putri

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button