Instansi

Sekda Minta Hasil Sensus Pertanian 2023 Dikonektingkan Dengan Dokumen Terkait Di Kabupaten Pekalongan

Wiradesa – Sekda Kabupaten Pekalongan Yulian Akbar, M.SI berkesempatan menghadiri dan membuka acara rilis Diseminasi hasil sensus pertanian 2023 (ST2023) tahap I Kabupaten pekalongan yang telah berlangsung selama tanggal 1 juni sampai 31 Juli tahun 2023.

Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Grand Dian, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan dan dilaksanakan dalam paket meeting full day selama satu hari efektif, (12/12/23).

Dalam kesempatan tersebut Sekda Yulian Akbar meminta agar hasil sensus pertanian (ST) ini agar dikonektingkan dengan dokumen lain. “ST ini tolong dikonektingkang dengan dokumen-dokumen lain yang terkait karena ini tidak bisa berdiri sendiri.”

“Sensus ini dilakukan selama 10 tahun sekali, jadi saya mengajak yang ada di institusi perencanaan betul-betul memahami apa yang menjadi substansi isi dari Diseminasi ini,” tambahnya.

Akbar menyampaikan Hasil ST2023 ini benar-benar ditunggu karena dapat melengkapi susunan rencana jangka panjang yang ada di Kabupaten Pekalongan.

Kepala BPS Kabupaten Pekalongan Siti Mardiyah mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada jajaran BPS Kabupaten Pekalongan dan para perangkat OPD Kabupaten pekalongan dalam mengawal sensus pertanian 2023. “Dan yang utama pula masyarakat di kabupaten Pekalongan yang bersedia menerima kami untuk melaksanakan kegiatan ini”.

Mardiyah menuturkan bahwa kegiatan ini misinya untuk meningkatkan produktivitas sektor pertanian dan kesejahteraan petani yang merupakan kunci transformasi ekonomi menuju Indonesia emas tahun 2045.

Terdapat tiga tujuan ST ini yang pertama membuat gambaran yang komprehensif meningkatkan desain kebijakan khusus di sektor pertanian di masa mendatang dan menjadi trigger untuk meningkatkan kualitas data mengenai pertanian secara nasional.

“Hasil pendataan ST tahun kemarin Jumlah unit usaha pertanian di kabupaten Pekalongan mencapai 86.704, sedangkan jumlah rumah tangga nya sebesar 80.417,” tutur Mardiyah dalam sambutannya.

Penulis : Pras

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button