Human InterestInstansi

Tingkatkan Layanan, Rumah Terapi Disabilitas Kabupaten Pekalongan Dilaunching

Kajen- Pemerintah Kabupaten Pekalongan melaunching Rumah Terapi guna mengakomodir kebutuhan layanan kesehatan bagi disabilitas.

Kegiatan launching Rumah Terapi Kabupaten Pekalongan dihadiri langsung Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial pada Kemesos, Pepen Nazaruddin dan didampingi Sekda Kabupaten Pekalongan Yulian Akbar, serta Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pekalongan Yudhi Himawan.

Rumah Terapi berada di Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pekalongan. Sebelumnya, disabilitas harus menuju ke Sentra Terpadu Kartini Temanggung jika hendak menerima layanan kesehatan.

Pepen Nazaruddin menjelaskan, Bentuk layanan kesehatan yang diberikan di Rumah Terapi Kabupaten Pekalongan antara lain berupa Terapi Fisioterapi, Terapi Okupasi, dan Terapi Wicara. ”Adapun programnya bernama layanan terapi khusus bagi penyandang disabilitas dan anak berkebutuhan khusus (Latih Adikku),” katanya.

Ditambahkannya, dirinya berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pekalongan yang telah bersedia menyediakan fasilitas Rumah Terapi. Kebutuhan terapisnya nanti akan dilengkapi dari Kemensos.

“Pada prinsipnya pelayanan di Rumah Terapi tidak dibatasi ruang lingkup geografis. Keberadaannya di Kabupaten Pekalongan karena dinilai Pemerintah Kabupaten Pekalongan yang responsif, untuk bersedia memberikan dan menyediakan tempat,” ujar Pepen.Sekda Kabupaten Pekalongan Yulian Akbar, mewakili Pemkab menyambut gembira kehadiran Rumah Terapi bagi penyandang disabilitas yang baru saja dilaunching tersebut.

“nantinya secara bertahap kegiatan peningkatan pelayanan akan terus dilakukan. Salah satunya dengan mengajukan proposal permohonan untuk mobil akses Day Care yang dapat digunakan untuk ”jemput bola” para disabilitas yang akan dibawa ke Rumah Terapi,” tutur Yulian.

Penulis : Fiki

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button