Hukum dan Kriminal

Satpol PP dan Bea Cukai Berhasil Gagalkan Pengiriman Ratusan Ribu Rokok Ilegal.

Kajen – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pekalongan bekerjasama dengan Bea Cukai Pabean C Tegal berhasil gagalkan pengiriman Dua Ratus Ribu batang rokok ilegal menuju ke arah Jakarta. Penangkapan terjadi di Exit tol Bojong, Kabupaten Pekalongan pada Rabu (29/11/2023) malam, yang sebelumnya telah dilakukan pengintaian sekitar dua hari sebelum penangkapan.

“Petugas mendapat informasi bahwa hari ini (Rabu) ada pergerakan dari Surabaya, Jawa Timur, kemudian tim melakukan penghadangan dengan menunggu di Setono, Kota Pekalongan. Setelah melihat mobil incaran, petugas langsung membuntuti dan saat keluar dari Exit Tol Bojong di situlah dilakukan penangkapan,” Tutur Bambang Dwi Yuswanto Kepala Satpol PP Kabupaten Pekalongan.

Bambang yang didampingi Kepala Bidang Penegakan Perda Satpol PP Kabupaten Pekalongan Sri Handayani menambahkan bahwa dari hasil penangkapan tersebut petugas berhasil mengamankan sopir dan kernet yang mengemudikan mobil Avanza berwarna silver beserta sekitar Dua Ratus Ribu batang rokok dengan berbagai jenis merek, Jika dikalkulasi kerugian yang dialami negara mencapai sekitar Rp. 125 Juta.

Skema pengiriman yang dilakukan yaitu secara estafet, dimana mobil dan pengemudi berganti di setiap titik yang telah disetujui. Dalam kasus ini rokok ilegal diambil dari Terminal Bungurasih, Surabaya untuk dikirimkan ke arah barat, lokasi tujuan baru akan diberitahu ketika sopir sudah sampai di wilayah Cirebon.

Bupati Fadia Arafiq mengungkapkan hal seperti ini sedang gencar-gencarnya dilakukan supaya pelaku benar benar kapok saat masuk di Kabupaten Pekalongan. Untuk pelaku ada dua orang yang akan dibawa ke bea cukai bersama barang bukti rokok ilegal.

“Untuk sementara yang diamankan adalah kurir dan nanti dikembangkan ke sindikatnya. Rokok ilegal ini dikirim dari Surabaya,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati mengapresiasi petugas Satpol PP yang bekerja sama dengan baik dengan bea cukai sehingga kerugian negara berhasil dicegah, Karena negara ini masih banyak PR yang dikerjakan sehingga kalau seperti ini bisa rugi terus.

“Kami berterimakasih dan Insya Alloh kami akan bekerja secara maksimal untuk Kabupaten Pekalongan,” harapnya.

Penulis : Reza

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button