Hiburan

Lakon “Babat Alas Wonomarto” Meriahkan Peringatan Hari Wayang Nasional PEPADI Kabupaten Pekalongan.

Kajen – PEPADI (Persatuan Pedalangan Indonesia) Kabupaten Pekalongan menggelar pentas wayang kulit dalam rangka memeriahkan Hari Wayang Nasional 2023. Tahun ini, PEPADI Kabupaten Pekalongan berkolaborasi dengan Ki Dalang Joko Widodo dari Kecamatan Bojong dan Dalang Muda Rama Bayu Aji dari Kecamatan Sragi membawakan lakon “Babat Alas Wonomarto” Dan dimeriahkan oleh sanggar seni Kusuma Laras dari Desa Ketanonageng dan Sanggar seni Rama Laras dari Desa Sumub lor.

Pagelaran wayang kulit yang berlangsung pada Minggu (19/11) di kediaman Kepala Desa Sumub Lor Bapak Karso, Mendapat sambutan positif baik dari warga setempat maupun dari luar kota. Terbukti dengan hadirnya kawan-kawan Sedulur Wayang Mania (SWM) Eks-Karesidenan Pekalongan.

“Saya tidak mengira kalau pertunjukan wayang kulit malam ini banyak pedagang-pedagang yang beramai-ramai berjualan bahkan hampir memenuhi jalan. Sehingga kami mohon maaf apabila para tamu undangan yang menggunakan mobil tidak bisa masuk. Bahkan penonton ada yang datangnya sejak kemarin, dikira malam minggu,” Tutur Karso Kepala Desa Sumub Lor dalam sambutannya.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan Syaiful Bahri turut mengapresiasi pertunjukan wayang kulit dalam rangka memperingati hari wayang nasional dan memohon maaf karena belum bisa membuat acara besar.

“Kepada seluruh hadirin kami mohon maaf karena dari pihak dinas belum bisa menggelar acara yang besar. Namun yang jelas inti dari pelestarian wayang sebagai warisan budaya leluhur kita ini akan terus kita laksanakan,” Ucap Syaiful.

Disampaikan oleh Ketua PEPADI Kabupaten Pekalongan Slamet Wiarso bahwa yang menjadi alasan pemilihan Desa Sumub Lor sebagai tempat perhelatan yaitu karena terdapat dalang remaja yaitu Rama Bayu Aji yaitu putra dari Kepala Desa Sumub Lor yang masih menempa diri di Institut Seni Indonesia Surakarta. Direncanakan Rama Bayu Aji juga Akan diikutsertakan dalam lomba dalang remaja yang berlangsung di Jakarta, sehingga pentas wayang malam ini juga sebagai bentuk latihan.

“Kami dari PEPADI menginginkan bahwa nantinya Rama Bayu Aji nantinya akan mewakili Kabupaten Pekalongan dalam ajang lomba dalang remaja yang akan berlangsung di Jakarta. Dari kegiatan yang sudah terlaksana, dari Kabupaten Pekalongan belum ada yang mewakili. Sehingga dapat dikatakan PEPADI sekaligus jemput bola,” Tutur Slamet.

Pertunjukan wayang kulit dimulai ditandai dengan penyerahan tokoh Brotoseno oleh Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan Syaiful Bahri kepada Ki Dalang Joko Widodo dan Dalang Muda Rama Bayu Aji yang bermain secara bergantian.

Penulis : Reza

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button