InstansiPendidikan

Gerakan Kudu Sekolah Kabupaten Pekalongan Direplikasi Kabupaten Belitung Timur

KAJEN – Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq menandatangani Kesepakatan Bersama (MoU) Replikasi Gerakan KUDU Sekolah dengan Bupati Belitung Timur – Burhanudin. MoU dilaksanakan di Kantor Bupati Belitung Timur pada Kamis (16/11/2023) disaksikan diantaranya oleh Wakil Bupati Belitung Timur, FORKOPIMDA, para Asisten Sekda, serta para kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur.
“Saya menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkab Belitung Timur yang mereplikasi Gerakan KUDU Sekolah, saya berharap kerjasama ini tidak sebatas pada Program Gerakan KUDU Sekolah dengan YUK SEKULA, tapi dapat berkembang pada sektor-sektor yang lain,” ungkap Fadia dalam sambutannya.


Lebih lanjut Fadia mengungkapkan bahwa, Perhatian Pemkab Pekalongan dalam sektor pendidikan juga membuahkan hasil dengan diperolehnya penghargaan Anugerah Merdeka Belajar dari Kemendikbudristek pada Tahun 2023 Kategori Transformasi Anggaran dan Regulasi. “Dengan adanya Gerakan KUDU Sekolah ini jumlah ATS sebanyak 4.346 anak tahun 2019, berhasil dikembalikan ke sekolah sebanyak 2.837 anak sampai tahun 2023 ini,” lanjut Bupati Pekalongan.
Sementara itu, Bupati Belitung Timur menyampaikan bahwa persoalan Anak Tidak Sekolah (ATS) di daerahnya cukup tinggi, sehingga dengan adanya kerjasama ini kiranya dapat menurunkan ATS dalam waktu singkat. Kerjasama ini diawali dengan kunjungan Pemkab Belitung Timur ke Pemkab Pekalongan untuk studi tiru terhadap Gerakan KUDU Sekolah yang pada tahun 2021 pernah menyabet penghargaan Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kemen PAN RB.


Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur
Sebelumnya pada 7 Nopember 2023, Bappeda Litbang Kabupaten Pekalongan dan Dinas Kominfo Kabupaten Pekalongan diundang menjadi narasumber dalam acara Sosialisasi dan Bimtek Pemantafaatan aplikasi KUDU sekolah di Kabupaten Belitung Timur.
Acara yang dihadiri oleh pelaku pendidikan di 7 kecamatan di Kabupaten Belitung Timur tersebut bertujuan untuk berbagi terkait bagaimana menggabungkan data ATS yang tercerai berai yang ada di Dapodik, data EMIS Kemenag, dan Pendidikan Untuk Semua (PUS) dijadikan satu ke dalam aplikasi KUDU Sekolah serta bagaimana melakukan rekonfirmasi data ATS yang dilakukan Tim KUDU Sekolah desa dan kecamatan.
Usai penandatanganan MoU dan PKS, Bupati Pekalongan beserta Ketua Dekranasda – Muhtarudin Ashraff Abu dan rombongan berkesempatan mengunjungi stand UMKM Dekranasda Pemkab Belitung Timur.

Penulis : Fiki

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button