Instansi

Peringati HKG PKK, Hj Widi Kunjungi Puskesmas Karangdadap Dan Puskesmas Kedungwuni 2

Kajen – Demi menyukseskan Bhakti Sosial Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK-KB-Kesehatan di Kabupaten Pekalongan, Ketua TP PKK Kab. Pekalongan Ny. Hj. Widi Riswadi melakukan kunjungan langsung di 2 Puskesmas yaitu Puskesmas Karangdadap dan Puskesmas Kedungwuni 2, kegiatan berlangsung selama 2 hari, yaitu hari Rabu dan Kamis (15-16/11/2023). Selain mengunjungi di 2 Puskesmas tersebut, beliau juga melakukan Video Call di beberapa Puskesmas dan berinteraksi dengan para ekseptor.

Ny Hj Widi Riswadi, ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan mengatakan, dalam kegiatan bakti sosial pelayanan KB dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK dengan menggelar kegiatan pemasangan alat kontrasepsi jangka panjang IUD dan Implant di Puskesamas-Puskesmas dan serta pemeriksaan IVa Tes, ““Pemasangan alat kontrasepsi ini lebih aman dan tentunya membantu para kaum Ibu dapat mengatur jarak kehamilan dan kelahiran. Efektif mencegah kehamilan hingga 99 persen dan jangka waktu pemakaiannya lebih lama. Dengan ini juga dapat mencegah resiko kematian Ibu dan Balita di Kabupaten Pekalongan.” Katanya.


Selain pemasangan alat kontrasepsi juga dilakukan tes Inspeksi Visual Asam Asetat ( IVA tes ) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. “ Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan skrining dari pap smear karena biasanya murah, praktis, sangat mudah untuk dilaksanakan dan peralatan sederhana serta dapat dilaksanakan selain oleh dokter ginekologi. Tujuan pemeriksaan IVA adalah untuk mengurangi morbiditas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan untuk mengetahui kelainan pada leher rahim.” Sambungnya.

Sebelum mengakhiri kunjungannya, Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan beserta Tim didampingi oleh Ketua TP PKK Kecamatan meninjau langsung kondisi pemeriksaan IVA Test dan pemasangan alat kontrasepsi kepada ekseptior yang sedang berlangsung di Puskesmas Karangdadap dan Puskesmas Kedungwuni 2.

Penulis : Dimas

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button