Hukum dan KriminalInstansiPendidikan

Puluhan Siswa Terjaring Operasi Kasih Sayang Saat Bolos di Warung.

Kajen – Sebanyak 27 Siswa di Kabupaten Pekalongan kedapatan sedang membolos di salah satu warung di Kelurahan Kajen. Tim Satgas Satpol PP Kabupaten Pekalongan yang mendapat laporan dari warga sekitar langsung mendatangi warung yang disinyalir sering menjadi tempat membolos para siswa.

Hasilnya sejumlah siswa dari berbagai sekolah yang sedang asyik nongkrong di warung berhasil diamankan dan dibawa ke kantor Satpol PP Kabupaten Pekalongan untuk kemudian dilakukan pembinaan pada Selasa (14/11) Meskipun ada sebagian siswa yang berhasil melarikan diri.

Sesampainya di kantor Satpol PP Kabupaten Pekalongan, Kepala Bidang Penegakan Perda Sri Handayani, S.E, M. Si Kemudian memberikan pembinaan dan nasehat kepada para siswa yang berhasil ditangkap sebagai upaya memberikan efek jera dan Juga pendekatan nasehat hati ke hati. Harapannya setelah pulang sekolah nanti para siswa meminta maaf kepada orang tua di rumah dan tidak mengulangi perbuatannya di kemudian hari.

“Apakah kalian tidak sayang dengan orang tua kalian yang sudah susah payah mencarikan uang untuk kalian sekolah, kalian malah asyik nongkrong di warung. Orang tua akan menangis melihat anaknya melakukan kesalahan, dan orang tua akan tersenyum bahagia melihat anaknya sukses,” Tutur bu Yanik dihadapan para siswa yang membolos.

Alasan para siswa memilih membolos sangatlah beragam, ada yang mengatakan karena terlambat masuk, Bangun kesiangan, ada yang tidak ingin ikut praktikum, kemudian malas karena pelajaran sulit, dan takut karena ada razia potong rambut.

Langkah selanjutnya yang diambil oleh Tim Satgas Satpol PP Kabupaten Pekalongan adalah memanggil pihak sekolah untuk kemudian menjelaskan peristiwa yang terjadi dan memberikan himbauan kepada pihak sekolah yang hadir, agar para siswa yang terjaring operasi kasih sayang untuk diberikan pembinaan lebih lanjut.

Sri Handayani saat ditemui Tim Radio Kota Santri di ruang kerjanya menjelaskan bahwa ada terdapat sekitar empat sekolah di wilayah Kecamatan Kesesi, Kecamatan Kajen, dan Kecamatan Karanganyar.

“Pada hari ini kami melakukan monitor ke beberapa wilayah di Kabupaten Pekalongan dan kebetulan kami mendapati laporan dari warga bahwa di suatu warung bertempat Kelurahan Kajen. Kami mendapati ada siswa yang sedang asyik bermain pada jam sekolah. Para siswa yang terjaring adalah dari beberapa sekolah di wilayah Kecamatan Kesesi, Kecamatan Kajen, dan Karanganyar.

Penulis : Reza

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button