Human Interest

Manfaatkan Lahan Kosong, TNI Koramil 03/Kajen Panen Perdana Cabe dan Terong

Kajen – TNI Koramil 03/Kajen Kodim 0710/Pekalongan sukses memanfaatkan lahan kosong yang ada di lingkungan Makoramil dengan tanaman Cabe dan Terong. Keberhasilan ini juga diharapkan bisa memotivasi masyarakat untuk melakukan hal yang sama dengan gerakan menanam di lahan kosong yang berada di lingkungan rumah masing-masing.

Hal itu disampaikan Pelda Ristono, Babinsa Koramil 03/Kajen selaku koordinator dalam budidaya cabe dan terong dan usai melaksanakan panen perdana bersama dengan anggota yang lain, pada Selasa (31/10/23)

Saat ini ada dua petak lahan yang dimanfaatkan oleh Koramil 03/Kajen untuk menanam cabe dan terong yang berada di samping kanan dan kiri makoramil setempat.

Pelda Ristono menuturkan, dengan keberhasilan Koramil ini, dirinya berharap bisa memberikan motivasi kepada masyarakat agar mereka juga ikut memanfaatkan lahan pekarangan yang kosong untuk di tanami dengan tanaman sayuran dan lainya yang produktif.

” Alhamdulillah pagi ini, kita melaksanakan panen perdana cabe dan terong, bisa kita lihat bersama hasilnya sangat memuaskan. Dan kami berharap, ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat sehingga mereka mau ikut serta dalam pemanfaatan lahan sempit dimana hasilnya nanti bisa dikonsumsi sendiri dan dapat menambah penghasilan keluarga”, terangnya.

Ditengah melonjaknya harga komuditas cabe saat ini, tentunya ini menjadi keberhasilan tersendiri bagi Koramil 03 /Kajen dalam ikut mendukung program ketahanan pangan daerah dan nasional.

Seperti diketahui menurut Dwi, salah satu pedagang di pasar kajen mengungkapkan bahwa harga bahan pokok khususnya cabe sedang mengalami lonjakan dan tidak stabil sehingga dengan pemanfaatan lahan seperti yang dilakukan oleh Koramil 03/Kajen tentunya akan sangat membantu perekonomian keluarga.

” Harga cabe rawet hijau 50 rb per kilo kemudian cabe merah besar 60 rb, Rawet merah 80 rb dan merah kriteng 60 rb per kilo sampai saat ini harga tidak stabil dan cenderung naik setiap hari”, ungkapnya.

Penulis : Fiki

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button