Sebanyak ribuan atlit dari Karisidenan Pekalongan mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat eks Karisidenan Pekalongan tahun 2020 yang berlangsung Di Kabupaten Pekalongan dari tanggal 24-29 Februari 2020.

Kejuaraan multi even tersebut mengambil tema “Membangun Karakter Bangsa Melalui Olahraga” total di ikuti 1.419 atlit yang terdiri dari atlet tingkat SD/MI sebanyak 284, SMP/MTs 573 dan SMA/SMK/MA 562 yang akan bertanding dalam tujuh cabang olahraga yakni cabang olahraga Volly di Kompi Senapan C Wonopringgo, Bola Basket di SMK Muhammadiyah Bligo, Sepak Takraw di SMAN 1 Sragi, Karate di Lapangan Tennis Indoor Rumah Dinas Bupati Pekalongan, Pencak Silat di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kajen, Taekwondo di GPU Kajen dan Cabang Sepakbola di Satadion Manggala Krida.

Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti dalam sambutanya saat Welcome Party, Senin (24/2/2020) malam, mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Kabupaten Pekalongan sebagai tuan rumah dalam ajang Popda Karisidenan tahun ini. “saya ucapkan juga selamat datang di Kabupaten Pekalongan yang juga dikenal sebagai Kota Santri yakni Sehat, Aman, Nyaman, Tertib, Rapi dan Indah. Semoga kata-kata santri tersebut bisa dirasakan peserta saat berada di Kabupaten Pekalongan,” katanya.

Kabupaten Pekalongan, kata Arini juga terkenal dengan keindahan alamnya dan juga produksi batiknya. “saya berharap para peserta dapat kembali ke sini, bersama keluarga untuk menikmati wisata disini dan juga berbelanja batik, karena batik di Pekalongan ini merupakan salah satu yang terbaik,” ujarnya.

Wakil Bupati, menghimbau agar para atlit menjunjung sportivitas, kejujuran, kedisiplinan dan menjaga martabat. “saya yakin, kita kesini untuk bertekad meraih prestasi terbaik agar dapat mengharumkan daerah masing-masing.  Hindari hal-hal yang menodai olah raga sendiri, agar atlet yang potensial bisa diwujudkan. Saya juga berharap kepada atlet Jaga kesehatan, keselamatan, dan jaga istirahat,” tutur Wakil Bupati.

Sementara itu, Kepala Disporapar Provinsi Jawa Tengah yang di wakili Kasi Olahraga Kuncoro Dwi Wibowo menuturkan, Kegiatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat eks Karisidenan Pekalongan merupakan even lanjutan dalam Popda tingkat Jawa Tengah dan Nasional. “ini juga dimaksudkan untuk memberikan semangat agar masing-masing tuan rumah bisa memberikan pelayanan dan menjadi penyelenggara yang terbaik dari sisi sarana dan prasaran,” paparnya.

Sarana dan prasarana sendiri, lanjutnya, merupakan kunci bagi pembinaan atlit. Dirinya berharap Kabupaten Pekalongan dapat mempunyai gedung olahraga yang bisa dipakai untuk pembinaan atlit. “salah satu cabang olahraga di Kabupaten Pekalongan yakni Karate yang sudah mengirimkan atlit ke tingkat nasional. Saya berharap nantinya tidak hanya karate saja akan tetapi cabang olah raga yang lain dengan bersinergi untuk membangun bibit-bibit atlit yang lebih baik lagi,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here