Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Pekalongan 2020 dipastikan tanpa calon perseorangan atau independen. Hal ini terbukti tidak ada satupun calon yang menyerahkan berkas hingga batas akhir penyerahan dukungan pada Minggu, 23 Februari 2020.

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, Abi Rizal mengatakan, Sesuai dengan Tahapan, KPU Kabupaten Pekalongan telah melaksanakan kegiatan Penyerahan Syarat Dukungan Bakal pasangan Calon Perseorangan Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan tahun 2020 sejak tanggal 19–23 Februari 2020. “Hingga batas akhir penyerahan dukungan yaitu pada tanggal 23 Februari 2020 pukul 24.00 WIB tidak ada satupun bakal calon perseorangan yang menyerahkan dukungan ke KPU Kabupaten Pekalongan, padahal KPU Kabupaten Pekalongan telah mensosialisasikan dan mengumumkan syarat dukungan calon perseorangan kepada masyarakat Kabupaten Pekalongan melalui banyak media baik cetak, elektronik maupun media social,” katanya.

“selain itu, KPU Kabupaten Pekalongan juga telah membuka layanan Helpdesk Pencalonan Perseorangan yang siap menerima masyarakat untuk berkonsultasi maupun ingin mengetahui informasi terkait dengan pencalonan perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan tahun 2020,” tambah Abi

Sementara itu Komisioner KPU Kabupaten Pekalongan Divisi Teknis Penyelenggaraan M. Ahsin Hana menjelaskan, KPU Kabupaten Pekalongan selama masa konsultasi sebelum penyerahan dukungan pasangan calon perseorangan pernah kedatangan warga masyarakat beserta tim dan pendukungnya yang akan mencalonkan diri dari pasangan calon perseorangan atas nama H.Karnawi Iksan, S.IP, M.Si dan Henny Rachmawati, S.H. “KPU Kabupaten Pekalongan telah melakukan serangkaian pelayanan kepada bakal calon Perseorangan tersebut dengan membimtek operator dan Liaison Officer (LO) yang sebelumnya telah menyerahkan surat mandat dari pasangan calon tersebut,” terangnya.

Ahsin menambahkan, sampai batas akhir tahapan yaitu tanggal 23 Februari 2020 Pukul 24.00 WIB, tidak ada satupun bakal pasangan calon perseorangan yang datang menyerahkan dukungan, sehingga untuk Kabupaten Pekalongan tidak ada Bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dari perseorangan. “sampai hari terakhir yaitu tanggal 23 Februari 2020 pukul 24.00 Wib, tidak ada satupun calon perseorangan yang mampu menyerahkan dukungan sebanyak 54.435 pemilih yang dibuktikan dengan fotocopy KTP-el, serta tersebar di 10 Kecamatan di Kabupaten Pekalongan,” paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here