Masyarakat Kabupaten Pekalongan tidak perlu khawatir berlebihan terkait adanya penyebaran virus korona yang saat ini menggemparkan dunia, karena di Kabupaten Pekalongan belum ditemukan adanya indikasi adanya virus tersebut apalagi suspect dan lainnya.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwi Antoro. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk tidak usah terlalu euforia dalam penggunaan masker seperti di luar negeri. “saya rasa penggunaan masker ini masyarakat tidak usah panik, karena disini belum ditemukan adanya indikasi virus korona. Jadi tidak perlu menggunakan masker berlebih seperti di luar negeri sepertu di Wuhan dan Cina,” katanya, Rabu (12/2/2020).

Selain itu, lanjut Setiawan, di Kabupaten Pekalongan tidak ada orang migran yang datang dari daerah terpapar virus tersebut, jadi kondisinya relatif aman. “korona ditularkan melalu kontak langsung antarmanusia lewat batuk dan bersin hingga lewat makanan tercemar air liur orang yang terinfeksi virus tersebut, bukan melalui udara. Maka disarankan agar menggunakan masker agar tidak menular ke yang lain,” terangnya.

Yang perlu dilakukan untuk mencegah adanya penyakit, khususnya korona, terangnya, adalah dengan selalu menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. “cuci tangan sebelum memegang makanan dan menyentuh bagian pernapasan seperti hidung,mulut dan sebagaianya sehingga kita akan terhindar dari virus korona,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here