Berdasarkan catatan di Dinas Pemuda, Olahrag dan Pariwisata Kabupaten Pekalongan, selama tahun 2019 pendapatan seluruh wisata di Kabupaten Pekalongan mencapai 6 milyar lebih.

Demikian disampaikan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat ditemui pada acara Festival Durian Lolong 2020 yang diadakan di Wisata La Ranch Desa Limbangan Kecamatan Karanganyar, Minggu (9/2/2020). Dalam kegiatan tersebut turut hadir Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti, Wali Kota Pekalongan Saelany Mahfud, Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hindun beserta jajaranya, Forkompimda Kabupaten Pekalongan, Sekda beserta seluruh OPD dan ribuan pengunjung festival dari berbagai daerah.

“ini menunjukan lompatan yang luar biasa, perlu terus menerus dikembangkan dan berkolaborasi dengan semua pihak agar potensi wisata bisa dikembangkan masksimal. Sehingga masyarakat  punya penghasilan baru disektor wisata,” ujar Asip.

Bupati menjelaskan, Pemkab dalam proses pemberdayaan untuk mensejahterakan masyarakat, tidak hanya membangun infrastruktur dasar, namun juga membangun infrastruktur ekonomi dan wisata. “infrastruktur dasar kita perbaiki jalan dan jembatan, infrastruktur ekonomi kita sediakan dan bangun pasar, dan tak kalah penting kita bangun infrastruktur wisata di Kabupaten Pekalongan yang sangat potensial,” paparnya.

Sementara itu, terkait dengan Festival Durian Lolong 2020, mempunyai tujuan utama untuk mempromosikan durian lokal khas Kabupaten Pekalongan. “rasanya  lebih enak, original, tampilanya bagus,” ucapnya.

Dipilihnya festival di desa Limbangan diantaranya adalah agar bisa terus mengeliatkan Wisata Kabalong (Karanggondang, Limbangn dan Lolong). Festival durian, kata Bupati, akan dilaksanakan di tiga desa tersebut dan akan dipilih desa mana yang representatif. “di wisata Kabalong ini lengkap ada Wisata Air yakni aliran sungai Sengakarang yang jernih yang bisa untuk wisata Arung Jeram dan Tubing, Wisata Alam dengan panorama alam yang indah, wisata Kuliner serta wisata unggulan yakni menikmati buah durian lokal yang mempunyai aroma dan rasa yang khas,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here