Melihat durian di Kabupaten Pekalongan yang mempunyai potensi yang bagus, DPRD Kabupaten Pekalongan mendorong Pemerintah Kabupaten untuk bisa memberikan manfaat yang lebih kepada masyarakat, salah satunya dengan memasuki pasar ekspor.

Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Hindun mengatakan, potensi durian di Kabupaten Pekalongan sudah cukup bagus, untuk itu pemkab perlu memberi sentuhan agar potensi pertanian unggulan itu mampu memasuki pasar ekspor. “salah satu hasil pertanian kita yakni manggis dari Kecamatan Paninggaran juga sudah kita ekspor, untuk itu kita dorong durian juga agar bisa ekpor supaya bisa memberi manfaat yang lebih kepada masyarakat,” katanya Minggu (9/2/2020).

Terkait dengan Festival Durian Lolong 2020 yang diadakan Di wisata La Ranch Desa Limbangan Kecamatan Karanganyar, Hindun menuturkan bahwa ini merupakan yang pertama Festival Durian Lolong diadakan di desa diluar Lolong yakni di Desa Limbangan yang masuk dalam wisata Kabalong. “wisata Kabalong mempunyai potensi yang sangat luar biasa, alamnya sejuk dan menghasilkan berbagai macam hasil pertanian seperti durian, rambutan dan pete. Kalau ini bisa difasilitasi pemkab bisa berkembang lebih baik lagi,” terangnya.

Festival Durian Lolong sendiri, lanjutnya, meupakan program tahunan Pemkab dalam rangka mengangkat potensi wisata daerah. “perlu banyak lagi even-even wisata, dengan banyaknya even akan mendatangkan banyak lagi wisatawan ke Kabupaten Pekalongan yang muaranya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kemaslahatan bagi masyarakat,” ucapnya.

Dalam Festival Durian Lolong tahun 2020 keluar sebagai Juara Unggulan yakni Durian Mbalong dari Desa Suroloyo Kecamatan Doro milik Casono sebagai juara pertama, urutan kedua yakni Durian Randem milik Kiswoyo dari Desa Suroloyo Kecamatan Doro dan juara ketiga dari Desa Randusari Kecamatan Doro milik Khumaedi Puso dengan Durian Pusoko yang juga menjadi durian favorit Forkompimda.

Untuk kejuaraan tumpeng durian perwakilan kecamatan pada kirab Festival Durian 2020, juara pertama diraih oleh Kecamatan Kesesi, juara kedua diraih Kecamatan Lebakbarang dan juara ketiga diraih Kecamatan Bojong. Sementara untuk kejuaraan tumpeng durian perwakilan desa, juara pertama diraih oleh Desa Limbangan, juara kedua desa Karanggondang dan juara ketiga diraih oleh Desa Lolong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here