Turunnya hujan dengan intensitas yang cukup tinggi selama beberapa jam di wilayah Kota dan Kabupaten Pekalongan, Senin malam ( 20/01/2020) mengakibatkan terjadinya banjir di sejumlah wilayah. Salah satu tempat yang terkena banjir adalah RSUD Kraton yang berlokasi di Kota  Pekalongan.

Sehubungan musibah banjir tersebut, pagi ini Selasa (21/01/2020) Wakil Bupati Pekalongan Ir. Arini Harimurti melakukan kunjungan langsung ke RSUD Kraton.  “Kemarin hujan sangat deras sekali sehingga pompa yang sudah disediakan di Rumah Sakit, dengan debit yang terlalu besar tidak mampu mengatasi, sehingga sampai terjadi banjir. Dan bahkan ada pasien yang dipindahkan dari ruang wijayakusuma ke ruang cempaka yang kebetulan pasiennya sedikit”, ujar Arini di sela sela tinjauannya ke RSUD Kraton. 

Arini menjelaskan kalau debit yang berasal dari jalan raya  terlalu besar, kalau itu ditambah pompa kurang efektif. Menurutnya perlu diupayakan bagaimana membendung / meninggikan titik yang rendah-rendah sehingga dari jalan tidak masuk ke Rumah Sakit.

Mengenai pihak-pihak Rumah Sakit yang telah mengevakuasi pasien, Arini  berterima kasih kepada pihak Rumah Sakit karena dinilai sudah bersikap tanggap, ada banjir pasien langsung dievakuasi dengan cepat sehingga pasien merasa nyaman dan pasien merasa puas dengan pelayanan Rumah Sakit.

“ Mudah-mudaha an tidak terjadi banjir lagi dengan meningkatkan tempat-tempat yang rendah sehingga tidak lagi menggelondor ke Rumah Sakit”, harap Arini.

Sementara itu dr. Eko Wigiantoro, M.Kes selaku Direktur RSUD Kraton membenarkan bahwa pasien yang ada di ruang Wijayakusuma, ruang yang terkena dampak paling parah , telah  alihkan ke ruang cempaka yang bebas dari dampak  banjir. Selanjutnya  setelah dibersihkan, pasien kembali ke ruangan 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here