Sebagai salah satu pemanasan jelang digelarnya festival durian lolong yang sudah menjadi agenda wisata Pemerintah Kabupaten Pekalongan, para petani durian Kecamatan Karanganyar menggelar Kontes durian lokal masyarakat yang dilaksanakan di Desa Legokkalong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan digelar, Minggu (19/1/2020).

Dalam kontes yang diikuti 22 peserta, Buah durian Putu Kembang milik petani asal Desa Lolong Yali menjadi juara pertama yang mendapat nilai tertinggi 262 dari tiga dewan juri karena memiliki rasa manis, legit dan bedaging tebal. Juara 2 yaitu durian Kuner dari Desa Legok kalong pohon perkebunan milik Tri Kustiati mendapat nilai 241. Sedangkan untuk juara 3 Durian Blundo Comong milik Rifki dari Desa Lolong, kebun durian Sigarung mendapat nilai 238.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten PekalonganSiswanto mengatakan, Kontes durian itu dimaksudkan untuk meningkatkan nilai jual sekaligus mengenalkan durian lokal ke pasar yang lebih luas lagi. Selain itu juga meningkatkan pengetahuan dan daya saing para petani. “ Pemkab Pekalongan mengapresiasi kepada masyarakat Desa Legokkalong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan yang sudah menyelenggarakan kontes durian ini,” katanya.

Siswanto mengungkapkan, kontes durian lokal di Karanganyar juga bertujuan untuk melakukan pemetaan jenis-jenis durian lokal. Dimana nantinya akan dilakukan sertifikasi jenis durian yang bagus. “Nantinya kami lakukan pemilihan durian-durian yang bagus untuk dilakukan sertifikasi Ke depan pemerintah juga akan menyelenggarakan festival durian tingkat kabupaten di Desa Lolong,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kontes Durian Lokal, Tubi Hartoyo Kontes Durian lokal yang digelar untuk kali kedua ini juga akan dimeriahkan dengan Pasar Tani, Jalan Sehat dan Senam Rakyat. Acara juga diisi dengan sosial yaitu lelang Durian yang hasil penjualannya akan diserahkan bagi anak yatim piatu dan kaum dhuafa. “kontes ini kita adakan untuk menggali potensi dan kualitas durian lokal,” terangnya.

Melalui Kontes Durian Lokal, kata dia, kedepan akan berdampak pada komoditi hasil pertanian atau perkebunan lainya. Kemudian mempromosikan Pasar Tani yang benar benar hasil olahan para petani lokal khususnya Kecamatan Karanganyar.” Dalam Kontes perdana yang digelar di Kantor Penyuluhan Karanganyar tahun lalu,  juara 1, Durian Lokal dari Desa Pododadi, dengan jenis Durian Kunir. Untuk juara dua dari Desa Lolong dengan jenis Durian Kleyang dan juara ketiga Desa Pedawang jenis Durian Susu,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here