Hari ini, Selasa (21/1/2020) diselenggarakan acara Rapat Koordinasi (Rakor) pembahasan draft perjanjian kerjasama wajib 5 Kabupaten yakni Kabupaten Tegal, Pemalang, Pekalongan, Purbalingga dan Banyumas atau disingkat Galang Kapurmas.

Rakor khusus membahas tiga bidang yaitu bidang pembangunan kepemudaan, bidang ketenagakerjaan, bidang pendidikan dan kebudayaan.

Acara dibuka oleh Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.M.Si dan dilangsungkan di aula lantai I Sekretariat Daerah Kabupaten Pekalongan. Dihadiri Sekda Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Mukaromah Syakoer, MM beserta Asisten Pemerintahan dan Kesra beserta para Kepala OPD terkait dari 5 Kabupaten. Dan Rakor dilaksanakan selama dua hari terhitung sejak hari Selasa ini (21/1 /2020) dan Rabu besok (22/1/2020). 

Usai membuka Rakor, Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.M.Si kepada awak media yang meliput menyampaikan bahwasanya hari ini sedang ada kajian-kajian mendalam yang dilakukan oleh para Sekda dan para Kepala OPD terkait di 5 Kabupaten untuk melakukan sinergitas ke lima kabupaten dengan kerjasama.

Menurut Bupati, saat ini semua kerjasama diatur yakni ada kerjasama antar Provinsi dan ada kerjasama antar daerah. “Khusus untuk kerjasama daerah, Kabupaten Pekalongan dengan 4 Kabupaten lainnya dengan tema tiga bidang itu sedang merancangnya,” ujar Bupati.

Kemudian, lanjut Bupati, yang paling penting pada tataran implementasi. Karena Jawa Tengah ini menjadi target Pemerintahan Jokowi-Maruf Amin bahwa nanti pertumbuhan ekonomi dipatok diangka 7. 

“Jadi tidak hanya melalui Perpres Nomor 79 tahun 2019 saja tetapi melalui inovasi kerjasama daerah, sehingga ini juga menjadi faktor pendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi 7, serta penurunan angka kemiskinan yang cukup signifikan di Jawa Tengah ini,” tegasnya. 

“Ini di tataran draft. Saya berharap nanti betul-betul bisa dioperasionalisasikan. Jadi jangan hanya MoUnya saja yang kuat, tetapi yang lebih penting adalah pada tataran aplikasinya, tataran aksi yang lebih penting. Karena ini akan bermanfaat untuk pengembangan daerah,” imbuh Bupati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here